Kompas TV nasional viral

Viral #ShopeeBikinMalu, Shopee Diprotes Karena Diduga Tiru Lagu Girlband Korea

Kompas.tv - 8 Februari 2021, 19:32 WIB
viral-shopeebikinmalu-shopee-diprotes-karena-diduga-tiru-lagu-girlband-korea
Iklan Shopee diduga plagiat lagu girlband Oh My Girl. (Sumber: Youtube/Shopee Indonesia)
Penulis : Ahmad Zuhad

JAKARTA, KOMPAS.TV - Platform dagang elektronik Shopee viral setelah para penggemar musik K-Pop meramaikan tagar ShopeeBikinMalu. K-Poper ramai-ramai melayakan protes pada Shopee karena menganggap iklan perusahaan itu meniru lagu milik dirlband Oh My Girl.

Iklan Shopee itu sendiri menampilkan beberapa artis Indonesia, mulai Adipati Dolken hingga Nikita Willy. Iklan itu mempromosikan penawaran gratis ongkos kirim untuk pembelian.

Baca Juga: Viral! Niat Baik Bagikan Nasi, Perempuan Ini Malah Digoda Petugas Jogoboro hingga Ketakutan

Namun, lagu yang melatari iklan itu memiliki nada yang mirip dengan lagu berjudul “Dolphin” milih Oh My Girl.  K-Poper pun protes dan menyebut pihak Shopee melakukan plagiarisme.

Apalagi, Shopee juga tak menjalin kerja sama komersial dengan Oh My Girl.

Pihak Shopee sendiri telah menghapus unggahan video iklan itu dari berbagai akun media sosial mereka.

Baca Juga: Viral Motor Ninja 250 Dipakai Buat Jualan Cilok, Netizen: Jangan Gengsi, Semangat Bang!

K-Poper yang protes pun menyebut, Shopee bukan kali ini saja melakukan tindakan semacam itu. Iklan sebelumnya juga pernah meniru konsep foto iklan BTS untuk perusahaan lain.

Oh My Girl atau OMG adalah girlband beranggotakan tujuh gadis di bawah naungan WM Entertainment. Anggota OMG terdiri dari Hyojung, Mimi, YooA, Seunghee, Jiho, Binnie and Arin.

Menanggapi protes itu, pihak Shopee menyatakan iklan mereka tak melanggar hak cipta.

"Sejalan dengan komitmen kami untuk selalu berinovasi dan berusaha menjadi lebih baik, Shopee Indonesia berupaya memproduksi materi promosi yang kreatif. Dalam pembuatan setiap materi promosi, kami pastikan bahwa seluruh komponen materi yang digunakan tidak melanggar hak cipta. Iklan terbaru Shopee yang ramai dibicarakan saat ini diduga memiliki beberapa kesamaan dengan lagu salah satu girlband KPop. Iklan Shopee menggunakan notasi yang berbeda dari lagu tersebut dan tidak dikategorikan sebagai objek plagiarisme. Meskipun demikian, kami sangat berterima kasih atas masukan yang telah diberikan dan kami telah memastikan untuk mengganti lagu dari iklan terkait untuk kenyamanan bersama," demikian keterangan resmi Direktur Shopee Handhika Jahja.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


VOD

BBM Subsidi Dibatasi Mulai 1 Oktober 2024

5 September 2024, 23:37 WIB

Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x