Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Cerita Uskup Agung Jakarta Terkejut Lihat Paus Fransiskus Kenakan Sepatu Tua Berwarna Hitam

Kompas.tv - 4 September 2024, 22:30 WIB
cerita-uskup-agung-jakarta-terkejut-lihat-paus-fransiskus-kenakan-sepatu-tua-berwarna-hitam
Paus Fransiskus disambut oleh Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo dan sejumlah pejabat lainnya setibanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (3/9/2024). (Sumber: (INDONESIA PAPAL VISIT COMMITTEE/AGUS SUPARTO)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo melihat sebuah kesederhanaan unik dan hal yang tak biasa dalam melihat style Paus Fransiskus saat kunjungan pertamanya ke Indonesia. 

Suharyo mengungkap Paus Fransiskus mengenakan sepatu tuanya dalam lawatan ke Indonesia, 3-6 September 2024.

Ia yang menjadi orang dekat Sri Paus, setelah dirinya diangkat sebagai kardinal sejak 2019 itu berujar, tak biasanya Paus Fransiskus mengenakan sepatu tuanya ini.

"Kemarin saya sengaja memperhatikan sepatunya. Saya kan dekat ya, melihat sepatunya. Biasanya Bapa Suci itu memakai sepatu merah atau putih, tapi kemarin saya lihat sepatunya itu hitam dan sudah lekuk-lekuk, tandanya sudah lama dipakai," kata dia kepada wartawan di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (4/9/2024) mengutip Kompas.com.

Baca Juga: Paus Fransiskus Puji Pembukaan Konstitusi Indonesia: Dua Kali Merujuk Keadilan Sosial

"Itu bukan sekadar kebetulan, itu pilihan," kata dia menegaskan.

Ia menekankan latar belakang Paus Fransiskus sebagai anggota Ordo Serikat Yesus (Yesuit)--ordo dalam Gereja Katolik Roma yang terkenal dengan kedisiplinan dan tiga kaul sucinya: taat, selibat, dan melarat.

"Spiritualitas yang amat sangat menonjol, yang biasanya sekarang menggunakan istilah yang lebih populer, itu diskresi. Jadi, memilih. Itulah spritualitas dasar anggota Serikat Yesus," kata Kardinal Suharyo.

"Kalau sekarang Bapa Suci memilih hidup sederhana, itu adalah buah dari diskresi," ujar dia.

Selama lawatannya ke Indonesia, pemimpin tertinggi Gereja Katolik Roma itu bertemu Presiden Joko Widodo, bertandang ke Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral pada hari ini, Rabu (4/9). Sementara jadwal Kamis (5/9) besok, Paus Fransiskus akan memimpin Misa Agung di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Madya di hadapan lebih dari 80.000 umat Katolik dari berbagai penjuru.

Baca Juga: Misa Suci Paus Fransiskus di GBK Besok, Ini 7 Titik Rekayasa Lalu Lintas

Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia diwarnai dengan pesan kesederhanaan yang sangat kentara.

Pria bernama asli Jorge Mario Bergoglio ini diketahui memilih terbang menggunakan pesawat komersial ITA Airways ketimbang jet pribadi, enggan menginap di hotel dan pilih bermalam di Kedutaan Besar Tahta Suci Vatikan, serta meminta agar dijemput dengan mobil yang sehari-hari dipakai oleh kebanyakan masyarakat Indonesia.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x