Kompas TV lifestyle beauty and fashion

5 Rempah yang Dapat Menghilangkan Bau Badan, Salah Satunya Temulawak

Kompas.tv - 26 Agustus 2024, 13:59 WIB
5-rempah-yang-dapat-menghilangkan-bau-badan-salah-satunya-temulawak
Ilustrasi. Cara mengatasi bau badan dengan rempah-rempah. (Sumber: 8photo on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bau badan menjadi masalah sepele yang dapat mengganggu kepercayaan diri. Bau badan umumnya disebabkan oleh bakteri yang mengurai keringat pada kulit.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bau badan, salah satunya dengan menggunakan rempah-rempah. Rempah-rempah mengandung senyawa alami yang dapat mengatasi bau badan secara alami.

Beberapa rempah juga memiliki aroma yang khas dan dapat menutupi bau badan yang tidak sedap.

Dikutip dari laman Healthline, berikut rempah-rempah yang dapat menghilangkan bau badan.

Baca Juga: Punya Masalah Bau Badan? Ini 10 Makanan dan Minuman yang Dapat Membantu Mengatasinya

1. Daun sirih

Daun sirih mengandung antioksidan yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya bau badan. Senyawa antibakteri di dalam daun sirih juga berperan sebagai penghilang bau badan.

Tak hanya menghilangkan bau tidak sedap, daun sirih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rongga mulut, kebersihan organ vital, fungsi lambung serta kesehatan kulit.

Untuk menggunakan daun sirih sebagai penghilang bau badan alami, Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun sirih atau menggunakannya untuk membasuh ketiak ketika mandi.

2. Temulawak

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) merupakan salah satu tanaman rempah yang banyak digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional.

Selain dikenal akan khasiatnya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, tanaman herbal dengan kandungan saponin, flavonoid, kurkumin, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa, dan mineral ini juga berfungsi sebagai penghilang bau badan alami.

3. Jahe

Jahe menjadi salah satu rempah yang dapat menghilangkan bau badan secara alami. Sebab, kandungan minyak atsiri, zingiberena, bisabolena, kurkumen, gingerol, dan felandren di dalamnya. 

4. Kunyit

Kunyit kaya akan senyawa aktif bernama kurkumin. Kurkumin ini memiliki sifat antibakteri yang kuat. Bakteri yang hidup di permukaan kulit dan bercampur dengan keringat adalah penyebab utama bau badan.

Kurkumin dapat menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri ini, sehingga mengurangi bau badan.

Baca Juga: Sering Berkeringat dan Bau Badan saat Cuaca Panas? Ini Cara Mengatasinya

5. Daun beluntas

Daun beluntas juga menjadi rempah-rempah penghilang bau badan secara alami. Daun beluntas memiliki aroma yang khas dan segar. 

Aroma ini dapat membantu menetralkan bau badan yang tidak sedap, sehingga memberikan sensasi tubuh yang lebih segar. Anda dapat merebus beberapa lembar daun beluntas dengan air secukupnya. 

Dengan meminum air rebusan ini secara teratur, dapat membantu mengatasi masalah bau badan dari dalam.


 




Sumber : Healthline




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x