Kompas TV lifestyle tren

YouTube Luncurkan Tool AI untuk Bantu Kreator Temukan Ide Konten Segar

Kompas.tv - 12 Mei 2024, 15:00 WIB
youtube-luncurkan-tool-ai-untuk-bantu-kreator-temukan-ide-konten-segar
Logo YouTube. YouTube baru saja mengumumkan peluncuran uji coba tool berbasis AI generatif untuk membantu kreator yang sedang kehabisan ide konten bernama Gen AI. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - YouTube baru saja mengumumkan peluncuran uji coba tool berbasis AI generatif untuk membantu kreator yang sedang kehabisan ide konten bernama Gen AI.

Dalam rilis YouTube dalam laman bantuan Google, Gen AI bertujuan untuk menyodorkan inspirasi konten yang segar dan menarik bagi kreator berdasarkan preferensi audiens mereka masing-masing.

"Untuk memudahkan pembuat konten memutuskan apa yang ingin mereka impikan dan bagikan selanjutnya, kami bereksperimen dengan alat yang menggunakan AI untuk memunculkan inspirasi konten," tulis Google dalam lamannya.

Baca Juga: Pejabat Kemenhub Ajak YouTuber Korea ke Hotel, Menhub Minta Ada Sanksi Tegas jika Terbukti Bersalah

Tool AI dari YouTube ini menyajikan tiga jenis insight dan saran yang bermanfaat bagi kreator, yaitu topik atau jenis konten yang ingin dilihat lebih banyak oleh penonton, konten kreatif yang belum pernah dibuat sebelumnya, serta outline untuk memberi struktur ide dan memulai proses kreatif.

Dalam laporan Android Authority, Minggu (12/5), karena masih dalam tahap eksperimen, tool AI pencari ide dari YouTube ini baru tersedia untuk segelintir channel berbahasa Inggris saja.

Pengguna yang kebagian uji coba dapat mengaksesnya dengan mengunjungi YouTube.com di desktop dan membuka YouTube Studio > Analytics > Research.

Baca Juga: Nasib Pejabat Kemenhub yang Viral Ajak YouTuber Korea ke Hotel, Kini Dibebastugaskan

Sebelumnya, YouTube juga telah melakukan sejumlah uji coba fitur AI lainnya seperti fitur rangkuman video yang dibuat AI, percakapan AI untuk menjawab pertanyaan seputar video, dan "Jump Ahead" yang memanfaatkan AI untuk melompat ke bagian video yang paling menarik.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x