Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Utara Tuduh Korea Selatan Kirim Drone ke Pyongyang, Ancam Balas dengan Serangan

Kompas.tv - 12 Oktober 2024, 03:05 WIB
korea-utara-tuduh-korea-selatan-kirim-drone-ke-pyongyang-ancam-balas-dengan-serangan
Dalam foto yang disediakan pemerintah Korea Utara ini, Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un terlihat berdiri di dekat rudal balistik jarak menengah berbahan bakar padat di pinggiran Pyongyang, Selasa (2/4/2024). (Sumber: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

SEOUL, KOMPAS.TV — Korea Utara menuduh Korea Selatan mengirim drone ke ibu kota Pyongyang untuk menyebarkan selebaran propaganda anti-Korea Utara, dan mengancam akan merespons dengan kekuatan militer jika penerbangan semacam itu terjadi lagi. 

Kementerian Luar Negeri Korea Utara, dalam pernyataannya pada Jumat (11/10/2024) mengatakan drone Korea Selatan terdeteksi di langit malam Pyongyang pada 3 Oktober, serta pada Rabu dan Kamis pekan ini. 

Kementerian tersebut menuduh Korea Selatan melanggar kedaulatan "suci" Korea Utara dan mengancam keamanan negaranya. 

Pyongyang menyatakan pasukan Korea Utara akan menyiapkan "segala cara serangan" dan akan merespons tanpa peringatan jika drone Korea Selatan kembali terdeteksi di wilayah mereka.

"Pengaman pada pelatuk senjata kami kini telah dilepas," kata pernyataan tersebut. "Kami akan siap untuk segala hal dan terus mengawasi. Para kriminal itu tidak seharusnya bermain-main dengan nyawa warganya."

Pemerintah dan militer Korea Selatan belum memberikan komentar segera terkait pernyataan Korea Utara ini.

Baca Juga: Militer Korea Selatan Deteksi Korea Utara Memulai Pembangunan Kapal Selam Nuklir

Ketegangan antara kedua Korea telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, semakin sering melakukan uji coba senjata dan mengeluarkan ancaman, sementara Korea Selatan merespons dengan memperkuat latihan militer bersama Amerika Serikat.

Sejak Mei, Korea Utara juga mengirim ribuan balon berisi sampah kertas, plastik, dan bahan lain ke Korea Selatan dalam kampanye perang psikologis yang tidak biasa, memperburuk permusuhan antara kedua negara.

Pada Rabu, Korea Utara menyatakan akan secara permanen menutup perbatasannya dengan Korea Selatan dan membangun struktur pertahanan di garis depan untuk menghadapi apa yang mereka sebut sebagai "histeria konfrontasi" oleh pasukan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Militer Korea Utara, dalam pernyataan yang disiarkan oleh media pemerintah, mengatakan akan "sepenuhnya memutus jalur darat dan rel kereta api" yang terhubung ke Korea Selatan dan "memperkuat area terkait di sisi kami dengan struktur pertahanan yang kuat."

Korea Utara menyebut langkah-langkah ini sebagai "tindakan pertahanan diri untuk mencegah perang dan menjaga keamanan negara," serta menuduh rivalnya "semakin nekat dalam histeria konfrontasi mereka."

Korea Utara mengutip berbagai latihan militer di Korea Selatan, pengerahan aset strategis Amerika Serikat, dan retorika keras dari pihak lawan.


 

 




Sumber : Associated Press / KCNA




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x