Kompas TV internasional kompas dunia

Manila Tegaskan Rudal AS Tetap di Berada di Filipina Utara meski China Kesal

Kompas.tv - 26 September 2024, 01:05 WIB
manila-tegaskan-rudal-as-tetap-di-berada-di-filipina-utara-meski-china-kesal
Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr saat melihat Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) M142 AS selama Latihan Gabungan Littoral Live Fire pada latihan militer bersama yang disebut Balikatan, Tagalog untuk bahu-membahu di stasiun Angkatan Laut di provinsi Zambales, Filipina utara pada Rabu, 26 April 2023 (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MANILA, KOMPAS.TV – Filipina dan Amerika Serikat (AS) sepakat memperpanjang keberadaan sistem rudal canggih AS di Filipina utara.

Meski China terus menyuarakan kekhawatiran, sistem rudal ini tetap berada di sana tanpa batas waktu untuk memperkuat pertahanan Filipina. Hal ini diungkapkan dua pejabat Filipina, Rabu (25/9/2024). 

Pada bulan April lalu, Angkatan Darat AS membawa sistem rudal Typhon ke Filipina untuk latihan tempur bersama dengan militer Filipina. Rudal ini bisa menembakkan Rudal Standar-6 dan Tomahawk, senjata yang mampu menjangkau lebih dari 1.600 kilometer, menjadikan China sebagai target potensial. Walaupun latihan tempur telah usai, Filipina masih mempertimbangkan untuk tetap menempatkan rudal tersebut hingga tahun depan.

Meskipun sebelumnya dijadwalkan untuk dipindahkan pada akhir bulan ini, ada kemungkinan sistem rudal ini bertahan hingga April tahun depan, ketika Filipina dan AS akan menggelar latihan tempur Balikatan, yang berarti bahu-membahu dalam bahasa Tagalog.

China berkali-kali memperingatkan bahwa keberadaan rudal ini dapat mengganggu stabilitas kawasan. Namun, Menteri Pertahanan Filipina Gilberto Teodoro Jr. dengan tegas menolak campur tangan China.

"China khawatir? Itu urusan internal kami, mereka jangan ikut campur!" tegas Teodoro kepada wartawan.

"Kenapa mereka tidak menghancurkan senjata nuklir mereka dulu sebelum ngomong ke kita? Hapus rudal balistik mereka dan keluar dari Laut Filipina Barat dan Karang Mischief," tambahnya.

"Jangan melempar batu jika Anda tinggal di rumah kaca," tegas Teodoro. 

Baca Juga: Pasukan AS Sebut Punya Berbagai Opsi untuk Bantu Filipina Hadapi Agresi di Laut China Selatan

Sembilan garis putus-putus yang diklaim China di Laut China Selatan berdasarkan peta yang diberikan China ke PBB. China menolak permintaan Filipina yang mengajukan permohonan ke PBB untuk memperpanjang landas kontinen di Laut China Selatan dan mendapatkan hak eksklusif untuk mengeksploitasi sumber daya bawah laut, seperti dilaporkan media pemerintah hari Senin, 17/6/2024. (Sumber: Northwestern University)

Pernyataan keras ini merujuk pada perebutan Karang Mischief oleh China pada tahun 1995, yang kini telah menjadi salah satu pangkalan militer mereka di Laut Filipina Barat, atau dikenal juga sebagai Laut Cina Selatan.

Jenderal Romeo Brawner Jr., Panglima Militer Filipina, juga mendukung perpanjangan keberadaan sistem rudal Typhon di negaranya. "Kalau saya boleh pilih, saya ingin Typhon tetap di sini selamanya. Kita butuh rudal itu buat pertahanan," katanya.

Namun, sikap ini ditentang keras oleh China. Dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri Filipina Enrique Manalo dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi bulan lalu, Wang menyampaikan kekhawatiran serius soal sistem rudal AS di Filipina. Wang memperingatkan bahwa rudal tersebut bisa "mengganggu stabilitas" di kawasan.

Namun, Manalo menegaskan rudal tersebut hanya bersifat sementara. "Keberadaan rudal ini tidak merusak stabilitas kawasan, dan hanya sementara," ujarnya.

Meski sistem rudal ini didatangkan ke Filipina untuk latihan tempur, pejabat militer Filipina dan AS menegaskan bahwa rudal tersebut tidak digunakan selama latihan.

China telah lama menentang peningkatan keberadaan militer AS di kawasan Asia, termasuk di Filipina. Mereka mengeklaim bahwa hal ini bisa memicu konflik dan mengancam perdamaian. Namun, AS dan Filipina tidak tinggal diam.

Keduanya mengutuk keras tindakan agresif China yang terus memperkuat klaim wilayah di Laut Filipina Barat, wilayah yang menjadi pusat bentrokan antara penjaga pantai Filipina dan kapal-kapal China selama setahun terakhir.

Selain China dan Filipina, negara-negara lain seperti Vietnam, Malaysia, Brunei, dan Taiwan juga memiliki klaim di perairan ini, yang merupakan jalur penting bagi perdagangan dunia. Laut ini juga dipercaya menyimpan cadangan minyak dan gas yang sangat besar di bawah lautnya.


 

 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA


VOD

Prabowo Respons Rencana Bertemu Megawati

26 September 2024, 02:10 WIB
VOD

Polisi Tangkap Penculik Anak di Bandung

26 September 2024, 02:09 WIB

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x