Kompas TV internasional kompas dunia

Zelenskyy Pamer Jet Tempur F-16 Baru untuk Lawan Rusia

Kompas.tv - 5 Agustus 2024, 01:35 WIB
zelenskyy-pamer-jet-tempur-f-16-baru-untuk-lawan-rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menjawab pertanyaan media sambil berdiri di depan jet tempur F-16 Angkatan Udara Ukraina di lokasi yang dirahasiakan di Ukraina, Minggu, 4 Agustus 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

LOKASI RAHASIA UKRAINA, KOMPAS TV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy hari Minggu (4/8/2024), di lokasi rahasia memamerkan jet tempur F-16 baru yang tiba di Ukraina.

Ia menegaskan jet tempur buatan Amerika Serikat ini akan meningkatkan upaya perang melawan Rusia.

"Jet-jet ini ada di langit kita dan hari ini kalian bisa melihatnya," kata Zelenskyy, berdiri di depan dua jet tempur, sementara dua lainnya terbang di atas dalam formasi rapat.

"Senang mereka ada di sini dan bahwa kita bisa memanfaatkannya." tambahnya.

Zelenskyy juga menyatakan Ukraina sedang berusaha mendapatkan bantuan dari negara-negara tetangga untuk melindungi dari rudal Rusia.

"Keputusan ini mungkin sulit bagi mitra kita, karena mereka selalu takut akan eskalasi yang tidak perlu," kata dia.

"Kami akan bekerja untuk ini. Saya pikir kita punya opsi yang baik dengan dewan NATO-Ukraina, sehingga negara-negara NATO bisa berbicara dengan Ukraina tentang kemungkinan koalisi kecil negara-negara tetangga yang akan menembak jatuh rudal musuh." jelas Zelenskyy.

Dua jet F-16 dengan lambang trisula Ukraina di ekornya dan dilapisi jaring kamuflase menjadi latar dramatis untuk pidato Zelenskyy pada Hari Angkatan Bersenjata, sebuah acara yang diadakan dengan pengamanan ketat di lokasi yang dirahasiakan untuk melindungi jet tempur dari serangan Rusia.

Baca Juga: Ukraina Klaim Tenggelamkan Kapal Selam Rusia di Krimea, Juga Hancurkan Sistem Pertahanan Putin

Jet tempur F-16 Angkatan Udara Ukraina terbang di lokasi yang dirahasiakan di Ukraina, Minggu, 4 Agustus 2024. (Sumber: AP Photo)

"Sejak awal perang ini, kami telah berbicara dengan mitra kami tentang perlunya melindungi langit Ukraina dari rudal Rusia dan pesawat tempurnya," kata Zelenskyy. "Sekarang kita memiliki kenyataan baru di langit kita. F-16 ada di Ukraina. Kami mewujudkannya. Saya bangga dengan orang-orang kita yang menguasai pesawat ini dan telah mulai menggunakannya untuk negara kita... Penerbangan tempur kita akan membawa kita lebih dekat pada kemenangan."

Seorang pejabat militer senior Ukraina menyebutkan sebagian jet F-16 mungkin akan ditempatkan di pangkalan asing untuk melindungi dari serangan Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperingatkan bahwa Moskow dapat mempertimbangkan serangan terhadap fasilitas di negara-negara NATO jika mereka menampung pesawat tempur yang digunakan di Ukraina.

Jet F-16 buatan Amerika ini adalah pesawat tempur ikonik yang menjadi andalan garis depan untuk aliansi NATO dan berbagai angkatan udara di seluruh dunia selama 50 tahun.

Meskipun baru di Ukraina, F-16 sebenarnya adalah pesawat lama yang telah disumbangkan oleh sekutu Barat Ukraina. Belgia, Denmark, Belanda, dan Norwegia telah berkomitmen untuk menyediakan lebih dari 60 unit dalam beberapa bulan mendatang dalam pengiriman yang mungkin berjalan lambat.

Zelenskyy tidak menyebutkan berapa banyak F-16 yang telah tiba di Ukraina atau dari negara mana saja mereka datang.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberikan izin pada Agustus 2023 untuk mengirim F-16 bekas ke Ukraina, meskipun Amerika Serikat sendiri tidak akan menyediakan pesawatnya. Kehadiran F-16 ini akan memperkuat kekuatan militer Ukraina, terutama dengan meningkatkan pertahanan udara.

Namun, para analis mengatakan bahwa pesawat-pesawat ini saja tidak akan mengubah arah perang. Rusia terus membuat kemajuan kecil tapi konsisten di wilayah Donetsk timur Ukraina, dan kemajuan ini menambah tekanan ketika Ukraina perlahan kehilangan wilayahnya.


 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x