Kompas TV internasional kompas dunia

Prabowo Subianto: Indonesia Siap Terjunkan Pasukan Penjaga Perdamaian ke Gaza

Kompas.tv - 2 Juni 2024, 14:45 WIB
prabowo-subianto-indonesia-siap-terjunkan-pasukan-penjaga-perdamaian-ke-gaza
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto saat menjadi pembicara dalam acara IISS Shangri-La Dialogue di Singapura, Sabtu (1/6/2024). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyatakan bahwa Indonesia mendukung gencatan senjata segera dan permanen di Jalur Gaza.

Presiden terpilih RI ini mengapresiasi langkah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang menyampaikan proposal gencatan senjata untuk Israel dan Hamas.

Prabowo menyebut, gencatan senjata adalah langkah penting untuk mewujudkan solusi dua negara untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina.

Ia menyatakan, Indonesia siap mengirimkan pasukan penjaga perdamaian ke Gaza untuk mengawal gencatan senjata jika telah disepakati.

Baca Juga: Senator AS Sebut Netanyahu Penjahat Perang: Israel Bunuh Lebih dari 34.000 Warga Sipil di Gaza

"Jika dibutuhkan dan diminta oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, kami siap untuk mengirimkan pasukan penjaga perdamaian berjumlah signifikan untuk menjaga dan memonitor gencatan senjata prospektif ini," kata Prabowo saat menjadi pembicara dalam IISS Shangri-La Dialogue ke-21 di Singapura, Sabtu (1/6/2024). Dikutip dari VOD KompasTV.

"Juga menyediakan perlindungan dan keamanan bagi semua pihak di semua sisi. Kami juga siap untuk segera mengirimkan tenaga medis untuk mengoperasikan rumah sakit lapangan di Gaza dengan persetujuan semua pihak terkait."

Prabowo menambahkan, Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi telah memerintahkannya untuk bersiap mengevakuasi warga Palestina yang membutuhkan penanganan medis. Menurut Prabowo, Indonesia siap menampung hingga 1.000 pasien Palestina di rumah sakit-rumah sakit Indonesia.

Prabowo menegaskan Indonesia berkomitmen terus mendukung terwujudnya gencatan senjata permanen di Jalur Gaza.

Prabowo pun mengapresiasi sikap positif yang ditunjukkan Hamas dalam menyambut gencatan senjata.

Lebih lanjut, Prabowo menekankan perdamaian di Palestina baru bisa terjadi saat solusi dua negara diwujudkan dan Israel-Palestina menghormati hak masing-masing untuk hidup.

"Saya juga akan menyampaikan komitmen Indonesia untuk mendukung gencatan senajta yang permanen dan komprehensif sebagai langkah penting menuju solusi nyata dan berkelanjutan perdamaian yang nyata antara Israel dan Palestina. Demikian, perdamaian yang nyata di kawasan (Timur Tengah)," kata Prabowo.

Baca Juga: Prabowo Sambut Positif Proposal Gencatan Senjata Hamas-Israel: Langkah yang Tepat


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x