Kompas TV internasional kompas dunia

Ukraina Serang Belgorod Rusia, 8 Tewas Saat Apartemen Runtuh Akibat Rudal Kiev

Kompas.tv - 13 Mei 2024, 05:30 WIB
ukraina-serang-belgorod-rusia-8-tewas-saat-apartemen-runtuh-akibat-rudal-kiev
Pegawai layanan darurat Rusia bekerja di lokasi blok apartemen yang sebagian runtuh setelah serangan rudal oleh Angkatan Bersenjata Ukraina di kota Belgorod, Rusia, Minggu (12/5/2024). (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

BELGOROD, KOMPAS TV - Sebuah blok apartemen sebagian runtuh di kota perbatasan Rusia, Belgorod, Minggu (12/5/2024), meninggalkan sedikitnya delapan orang tewas dan 20 lainnya terluka. Pejabat Rusia menyalahkan tembakan dari Ukraina atas kehancuran gedung tersebut.

Rekaman online menunjukkan penyelamat mencari korban selamat di antara puing-puing tangga gedung, kemudian melarikan diri dari tempat kejadian ketika bagian dari atap roboh ke tanah.

Kementerian Situasi Darurat Rusia menyatakan delapan jenazah berhasil ditemukan dari reruntuhan tersebut.

Komite Investigasi Rusia, lembaga penegak hukum tertinggi negara itu, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa gedung berlantai 10 tersebut terkena tembakan dari Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia kemudian menulis di media sosial bahwa gedung tersebut rusak oleh pecahan dari rudal Tochka-U TRC yang tertembak jatuh.

Mereka juga menyatakan bahwa pertahanan udara telah menembak jatuh beberapa roket lagi di wilayah Belgorod, serta dua drone yang dihancurkan dalam insiden terpisah pada Minggu sore.

Baca Juga: Rusia Klaim Rebut 5 Desa di Timur Laut Ukraina, Maju Menggempur Kota Vovchansk

Blok apartemen yang sebagian runtuh setelah serangan rudal oleh Angkatan Bersenjata Ukraina di kota Belgorod, Rusia, Minggu (12/5/2024). Delapan orang tewas akibat serangan tersebut. (Sumber: AP Photo)

Peringatan serangan udara terus berlanjut di seluruh Belgorod selagi penyelamat bekerja. Kota itu juga diserang pada Sabtu malam (11/5) lalu menewaskan satu orang dan melukai 29 lainnya, kata Gubernur Belgorod, Vyacheslav Gladkov.

Kota-kota di sepanjang Rusia barat secara rutin diserang oleh drone sejak Mei 2023, dengan pejabat Rusia menyalahkan Kiev.

Pejabat Ukraina tidak pernah mengakui tanggung jawab atas serangan di wilayah Rusia atau Semenanjung Krim.

Wilayah Belgorod, di perbatasan barat Rusia, telah menjadi sasaran sejumlah serangan. Meskipun sebagian besar tembakan lintas-batas terjadi di daerah pedesaan, serangan juga terjadi di ibu kota wilayah tersebut.

Pada Desember 2023, tembakan di jantung kota Belgorod menewaskan 25 orang, mendorong otoritas untuk memulai pembangunan tempat perlindungan publik.


 



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x