Kompas TV internasional kompas dunia

Xi Jinping: China Siap Bangun Tatanan Dunia yang Adil Bersama Rusia

Kompas.tv - 11 Juli 2023, 02:27 WIB
xi-jinping-china-siap-bangun-tatanan-dunia-yang-adil-bersama-rusia
Presiden China Xi Jinping menyatakan bahwa negaranya siap bahu-membahu bersama Rusia menciptakan tatanan dunia yang adil, stabil, dan sejahtera. Pernyataan Xi yang disampaikan di Beijing, Senin (10/7/2023) ini pun menegaskan hubungan bersahabat China-Rusia. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

BEIJING, KOMPAS.TV - Presiden China Xi Jinping menyatakan bahwa negaranya siap bahu-membahu bersama Rusia menciptakan tatanan dunia yang adil, stabil, dan sejahtera. Pernyataan Xi yang disampaikan di Beijing, Senin (10/7/2023) ini pun menegaskan hubungan bersahabat China-Rusia.

Hal tersebut disampaikan Xi ketika dikunjungi Ketua Dewan Federasi Rusia Valentina Matviyenko di Beijing. Matviyenko sendiri datang ke China untuk berpartisipasi dalam komisi kerja sama antarparlemen China dan Rusia.

Baca Juga: Angka Bunuh Diri Kalangan Generasi Muda China Melonjak Akibat Tekanan Harus Berprestasi di Sekolah

"China siap untuk lanjut bekerja sama dengan Rusia demi berkontribusi pada perkembangan dan kebangkitan kedua negara, juga untuk membangun sebuah tatanan dunia yang adil, stabil, dan sejahtera," kata Xi Jinping dalam siaran televisi China sebagaimana dikutip TASS.

Xi menambahkan, negaranya siap untuk terus mengembangkan kerja sama strategis dan kemitraan komprehensif dengan Rusia yang menekankan "saling bantu, integrasi mendalam, inovasi dan pemeloporan, dan juga keuntungan bersama."

"Terima kasih untuk upaya bersama dari kedua pihak, hubungan China-Rusia terjaga secara sehat dan memiliki dinamika perkembangan yang stabil. Kerja sama di berbagai lingkup berkembang secara terus-menerus," kata Xi.


Hubungan China dan Rusia ramai disorot usai Moskow menginvasi Ukraina sejak Februari 2022 lalu. Sebelum invasi, ketika bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Xi Jinping pernah menyatakan bahwa hubungan persahabatan China dan Rusia "tanpa batas."

Baca Juga: Sniper Ukraina Tembak Mati Komandan Rusia dari Jarak 1,7 Km, Terjauh dalam Perang Ukraina

 




Sumber : TASS




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x