Kompas TV internasional kompas dunia

Bendungan Nova Kakhovka Jebol, Bahaya Ranjau Apung Intai Warga

Kompas.tv - 7 Juni 2023, 20:12 WIB
bendungan-nova-kakhovka-jebol-bahaya-ranjau-apung-intai-warga
Warga dievakuasi dari permukiman di Oblast Kherson, selatan Ukraina yang kebanjiran akibat jebolnya Bendungan Nova Kakhovka, Selasa (6/6/2023). (Sumber: AP Photo/Felipe Dana)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Wakil Perdana Menteri Ukraina Oleksandr Kubrakov mengingatkan bahaya apungan ranjau akibat terkena banjir usai Bendungan Nova Kakhovka di aliran Sungai Dnieper diledakkan.

Bendungan tersebut jebol pada Selasa (6/6/2023) kemarin, menyebabkan lebih dari 30.000 meter kubik per detik tercurah hingga berita ini diturunkan. Jebolnya bendungan membuat warga di sekitar Dnieper, baik di wilayah yang dikuasai Rusia ataupun Ukraina, mesti dievakuasi.

Baca Juga: Bendungan Nova Kakhovka Diledakkan, Ukraina Minta Dewan Keamanan PBB Rapat Darurat

Kubrakov juga memperingatkan bahwa bencana banjir Bendungan Nova Kakhovka dapat menyebarkan penyakit dan zat kimia berbahaya. Ia menuduh Rusia menjadi dalang peledakan bendungan ini.

“Mereka melakukannya untuk membebaskan pasukan di arah ini dengan sedikit membasahi garis depan,” kata Kubrakov dikutip Al Jazeera, Rabu (7/6/2023).

“Air mengacaukan ranjau-ranjau yang ditanam sebelumnya, menyebabkan benda-benda itu meledak,” lanjutnya.

Pihak Rusia sendiri menyalahkan Ukraina atas jebolnya bendungan. Walaupun Bendungan Nova Kakhovka terletak di wilayah yang dikuasai Rusia, Kremlin menegaskan pihaknya tidak berkepentingan dengan peledakan bendungan.

Akibat jebolnya bendungan ini, sekitar 42.000 orang di 80 permukiman terancam banjir dan mesti dievakuasi. Otoritas Rusia juga melaporkan terdapat setidaknya tujuh orang hilang dan 100 warga terjebak banjir di Nova Kakhovka.

Baca Juga: Ledakan Bendungan Nova Kakhovka Ancam PLTN Zaporizhzhia dan Kherson, Rusia dan Ukraina Saling Tuding


 

 

 




Sumber : Kompas TV/Al Jazeera




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x