Kompas TV internasional kompas dunia

AS Akhirnya Bebaskan Tawanan Tertua Kamp Guantanamo Diduga Terlibat Al-Qaeda, Pulangkan ke Pakistan

Kompas.tv - 29 Oktober 2022, 21:24 WIB
as-akhirnya-bebaskan-tawanan-tertua-kamp-guantanamo-diduga-terlibat-al-qaeda-pulangkan-ke-pakistan
Seorang kakek berusia 75 tahun dari Pakistan yang merupakan tahanan tertua di pusat penahanan Teluk Guantanamo dibebaskan dan dikembalikan ke Pakistan. (Sumber: AP Photo/Counsel to Saifullah Paracha via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

ISLAMABAD, KOMPAS.TV — Seorang kakek berusia 75 tahun dari Pakistan yang merupakan tahanan tertua di pusat penahanan Teluk Guantanamo, dibebaskan dan dikembalikan ke Pakistan, Sabtu (29/10/2022).

Hal ini dinyatakan oleh Kementerian Luar Negeri Pakistan di Islamabad dan Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) seperti dilansir Associated Press, Sabtu (29/10).

Saifullah Paracha bertemu kembali dengan keluarganya setelah lebih dari 17 tahun ditawan di pangkalan AS Kamp Guantanamo Kuba, tambah kementerian itu.

Paracha ditahan karena dicurigai punya hubungan dengan Al-Qaeda sejak 2003, tetapi tidak pernah didakwa melakukan kejahatan.

Tahun lalu di bulan Mei, dia diberitahu telah mendapat persetujuan untuk dibebaskan bersama dengan dua pria lainnya pada November 2020.

Seperti biasa, pemberitahuan itu tidak memberikan alasan terperinci untuk keputusan tersebut, dan hanya menyimpulkan bahwa Paracha "bukan ancaman berkelanjutan" bagi AS, menurut Shelby Sullivan-Bennis, yang mewakilinya di persidangan saat itu.

Kementerian Pertahanan AS menyatakan bahwa AS menghargai "kesediaan Pakistan dan mitra lainnya untuk mendukung upaya AS yang sedang berlangsung yang berfokus pada pengurangan populasi tahanan secara bertanggung jawab dan pada akhirnya menutup fasilitas Teluk Guantanamo."

Di Pakistan, Kementerian Luar Negeri mengatakan telah menyelesaikan proses antar-lembaga yang ekstensif untuk memfasilitasi pemulangan Paracha. 

"Kami senang seorang warga negara Pakistan yang ditahan di luar negeri akhirnya bersatu kembali dengan keluarganya," kata kementerian itu.

Paracha, yang tinggal di AS dan memiliki properti di New York City, adalah seorang pengusaha kaya di Pakistan. Pihak berwenang menuduh dia adalah "fasilitator" Al-Qaeda yang membantu dua konspirator dalam plot 11 September dengan transaksi keuangan.

Baca Juga: Taliban Ingin Baikan dengan AS, Anggotanya yang Ditahan 15 Tahun di Penjara Guantanamo Dibebaskan


Paracha menyatakan dia tidak tahu mereka adalah Al-Qaeda dan membantah terlibat dalam terorisme.

AS menangkap Paracha di Thailand tahun 2003 dan menahannya di Guantanamo sejak September 2004. Washington lama menegaskan mereka dapat menahan tahanan tanpa batas waktu dan tanpa tuduhan di bawah hukum perang internasional.

Pada November 2020, Paracha, yang menderita sejumlah penyakit, termasuk diabetes dan kondisi jantung, tampil di hadapan dewan peninjau, yang didirikan di bawah Presiden Barack Obama untuk mencoba mencegah pembebasan tahanan yang diyakini pihak berwenang mungkin terlibat tindakan anti-AS setelah mereka dibebaskan dari Guantanamo.

Pada saat itu, pengacaranya, Sullivan-Bennis, mengatakan dia lebih optimis tentang prospeknya karena pemilihan Presiden Joe Biden, kesehatan Paracha yang buruk dan perkembangan dalam kasus hukum yang melibatkan putranya, Uzair Paracha.

Putranya dihukum pada tahun 2005 di pengadilan federal di New York karena memberikan dukungan terhadap terorisme, sebagian berdasarkan kesaksian dari saksi yang sama yang ditahan di Guantanamo yang diandalkan AS untuk membenarkan penahanan ayahnya.

Pada Maret 2020, setelah seorang hakim membuang laporan saksi tersebut dan pemerintah AS memutuskan untuk tidak mencari pengadilan baru, Paracha yang lebih muda dibebaskan dan dikirim kembali ke Pakistan.

Dalam pernyataannya tentang pemulangan para penatua Paracha, Kemenhan AS hari Sabtu (29/10) mengatakan, 35 tahanan tetap berada di Teluk Guantanamo, dan 20 di antaranya memenuhi syarat untuk dipindahkan.

 




Sumber : Kompas TV/Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x