Kompas TV internasional kompas dunia

Di Hadapan DPR Se-Asia Pasifik, Puan Bicara Jatah Kursi untuk Perempuan

Kompas.tv - 27 Oktober 2022, 07:55 WIB
di-hadapan-dpr-se-asia-pasifik-puan-bicara-jatah-kursi-untuk-perempuan
Arsip foto Ketua DPR RI Puan Maharani. | Puan menghadiri The 30th Annual Congress of the Asia-Pacific Parliamentary Forum, di Bangkok, Thailand, pada Rabu (26/10/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant (DPP PDIP)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Desy Afrianti

BANGKOK, KOMPAS.TV - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani menghadiri pertemuan DPR se-Asia Pasifik di Bangkok, Thailand, Rabu (26/10/2022).

Dalam kesempatan itu, ia berbicara tentang pemberdayaan perempuan untuk mengatasi krisis di masa depan, termasuk jatah kursi perempuan di parlemen.

“Sebagai anggota parlemen, kita perlu menekankan bahwa kekuatan perempuan adalah tanggung jawab kita," kata Puan, menukil keterangan di laman resmi DPR RI.

"Perempuan harus menjadi agen perubahan, di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya,” ujarnya.

Anak dari Ketua Umum Partai PDIP itu menegaskan, kehadiran perempuan di DPR bisa memperkaya cara pandang dalam pembuatan kebijakan publik. 

“Keterlibatan perempuan akan membawa proses yang lebih inklusif dalam pengambilan keputusan kebijakan publik. Kita juga tidak boleh mengabaikan peran perempuan untuk pembangunan global dan regional termasuk di Asia-Pasifik,” ujarnya.

Baca Juga: Sama-sama Naik, Ini Elektabilitas Puan Maharani dan Ganjar Pranowo

Di hadapan DPR se-Asia Pasifik, Puan lantas menyampaikan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2014 tentang Pemilu. Dari aturan tersebut, ia mendesak agar 30 persen jatah kursi DPR di Indonesia bisa diisi oleh perempuan.

Progres, sebut Puan, sepanjang periode 2014-2019 jumlah DPR perempuan di Indonesia meningkat. Semula angkanya 17.3 persen menjadi 21,39 persen.

“Perempuan telah menjadi bagian dari kepemimpinan berbagai lembaga publik di Indonesia. Dan mereka mewakili kemajuan perempuan dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia,” ucapnya.

Pertemuan DPR se-Asia Pasifik bertajuk The 30th Annual Congress of the Asia-Pacific Parliamentary Forum, dihelat di Bangkok, Thailand, mulai 26 hingga 29 Oktober 2022.

Baca Juga: Aksi Puan Tanam Padi Jalan Maju jadi Viral, Harusnya Ditata Mundur karena Filosofi Ini


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x