Kompas TV internasional kompas dunia

13 Wisatawan Tewas Usai Kapal yang Membawa 39 Penumpang Terbalik di Vietnam

Kompas.tv - 26 Februari 2022, 23:59 WIB
13-wisatawan-tewas-usai-kapal-yang-membawa-39-penumpang-terbalik-di-vietnam
Sedikitnya 13 orang tewas dan empat lainnya hilang setelah sebuah kapal wisata terbalik pada Sabtu (26/2/2022) dalam cuaca buruk di lepas pantai Cua Dai di daerah Hoi An, Vietnam. (Sumber: France24)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

HANOI, KOMPAS.TV - Sedikitnya 13 orang tewas dan empat lainnya hilang setelah sebuah kapal wisata terbalik pada Sabtu (26/2/2022).

Insiden itu terjadi saat cuaca buruk di lepas pantai Cua Dai di daerah Hoi An, kota Vietnam yang terdaftar sebagai warisan dunia, kata seorang pejabat Vietnam seperti dilaporkan France24, Sabtu.

Kecelakaan itu terjadi saat kapal yang membawa 39 wisatawan lokal dan awak kapal kembali ke Hoi An dari pulau Cu Lao Cham, tempat populer untuk menyelam, snorkelling, dan olahraga air.

Kapal cepat, QNa-1152 saat itu sedang mengangkut turis dari Pulau Cu Lao Cham ke Cua Dai di Hoi An, ketika kecelakaan itu terjadi.

Ketua Partai Komunis lokal Nguyen Sinh mengkonfirmasi 13 orang tenggelam dan empat hilang.

Menurutnya, upaya penyelamatan dihentikan pada malam hari karena cahaya redup. Sementara tim penyelamat pada Sabtu sore menyelamatkan 22 orang

"Kami tidak bisa berbuat apa-apa lagi karena terlalu gelap," katanya kepada wartawan seperti dilansir France24, seraya menambahkan penyelidikan penuh akan dilakukan dan beberapa korban selamat menerima perawatan medis.

Baca Juga: Kapal Dengar Teriakan Minta Tolong pada Malam Hari di Laut Spanyol, Ternyata Kecelakaan Kapal Migran

Warga berupaya membantu korban selamat, setelah sebuah kapal wisata terbalik hari Sabtu, (26/2/2022) dalam cuaca buruk di lepas pantai Cua Dai di daerah Hoi An, kota Vietnam yang terdaftar sebagai warisan dunia, kata pejabat Vietnam seperti dilaporkan France24 hari Sabtu. (Sumber: Baochinhphu.vn)

"Kami akan melanjutkan pencarian saat matahari terbit besok pagi untuk empat orang lainnya." kata Nguyen Sinh.

Stasiun Penjaga Perbatasan Cua Dai menerima informasi tentang kecelakaan itu pada pukul 14:10, dan pasukan penyelamat segera dikerahkan untuk menuju ke tempat kejadian, seperti dilaporkan Vietnam Plus, Sabtu.

Wakil Perdana Menteri Pham Binh Minh telah mengeluarkan surat yang menyampaikan belasungkawa Perdana Menteri kepada para korban yang terluka dan keluarga almarhum.

PM juga menugaskan seorang pejabat Komite Keselamatan Lalu Lintas Nasional untuk tiba di lokasi kecelakaan dan berkoordinasi dengan pihak berwenang setempat untuk menyelesaikan konsekuensinya.



Sumber : Kompas TV/France24/Vietnam Plus



BERITA LAINNYA



Close Ads x