Kompas TV entertainment musik

RAN Rilis Album Baru Berjudul "Teater Nestapa" Pembuktian Usai 8 Tahun Absen

Kompas.tv - 17 Oktober 2024, 08:04 WIB
ran-rilis-album-baru-berjudul-teater-nestapa-pembuktian-usai-8-tahun-absen
RAN (Sumber: Kompas.com / Cynthia)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Grup musik RAN merilis album baru bertajuk "Teater Nestapa" yang berisi sebelas lagu. Delapan tahun tanpa album baru,  album ini akhirnya bisa diperdengarkan ke publik setelah proses pembuatannya selama kurang lebih tiga tahun.

“Album ini kita buat tiga tahun dan penuh keringat dan air mata ya,” ujar anggota RAN Rayi dalam jumpa pers di Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2024) mengutip Kompas.com.

Kata Rayi, hal ini menjadi suatu pembuktian bahwa grup yang terdiri dari Rayi, Nino dan Asta ini tetap eksis meski usia mereka kini 18 tahun. Untungnya, Album "Teater Nestapa" akhirnya rampung dibuat di tengah kesibukan RAN manggung dari panggung ke panggung.

Baca Juga: Bernadya Tak Menyangka Jadi Nomine AMI Awards 2024 di 5 Kategori

“Ya Alhamdulilah kita lumayan banyak job ya, jadi butuh waktu buat ngumpulin semuanya. Ya kita enggak pengin jadi band yang nostalgia dan pengin membuktikan diri bahwa kita masih menelurkan karya-karya yang bagus bahkan Insya Allah bisa ngehits juga,” ujar Rayi.

Mengambil nama judul "Teater Nestapa", RAN punya alasan tersendiri.

Nino mengatakan, hal ini terinspirasi dari sebuah teater di mana lagu-lagu di dalam album ini adalah gambaran kisah pendengar itu sendiri. Sementara, untuk Nestapa, RAN sengaja memilih kata yang tidak umum dan tidak populer.

“Kenapa Nestapa? RAN dari dulu dikenal sebagai musisi yang positif, up beat, tapi usia kami jelang 40 tahun itu perlu embrace dan kasih tahu,” ujar Nino.

“Dalam hidup enggak happy-happy doang, sedih ada pasti tapi gimana cara respon sedih itu. kata nestapa walau terdengar menyedihkan, itu bentuk kebahagiaan yang ngumpet di balik kata negatif,” lanjut Nino.

Berbeda dari karya-karya RAN yang lain mengenai jatuh cinta, kini mereka ke luar dari zona nyaman menyajikan hal yang baru.

Sementara itu, Asta menyatakan 11 lagu dari album "Teater Nestapa" dari RAN ini adalah lagu-lagu galau yang dibalut dengan nada-nada ceria dan up beat.

“Kami coba yang baru karena selama ini lagu kami happy-happy. Kini kami balut konsep lagu nestapa semua, kami berembuk pilih judul album nestapa ini, kayak fim masing-masing. Tiap orang pemeran utama dalam hidupnya,” ucap Asta.

Lagu-lagu yang ada di album "Teater Nestapa" ini dibuat berdasarkan inspirasi dari para personel RAN sendiri dan orang-orang sekitar mereka. Nino berharap lagu-lagu di Teater Nestapa bisa menemani pendengar di setiap kisah kehidupannya.

“Kami sudah menamani teman-teman semuanya sejak 2006. Semoga bisa menemani kisah kalian dari dulu sampai sekarang dan semoga masih bisa menemani kisah kisah kalian kedepannya,” tutur Nino.

Baca Juga: Daftar Nominasi AMI Awards 2024, Siapa Musisi Terbaik Tahun Ini?

Album Teater Nestapa ini dirilis ke publik pada 23 Oktober 2024.

Sementara, 11 lagu yang ada di Teater Nestapa di antaranya “Datang Juga”, “Hey, Tunggu Dulu” feat Salma Salsabil, “Kapan?”, “Ke Mana?” “Masih Takut Mencinta”, “Memori”. Lalu, “Mengapa Kita Bersama”, “Pemain Cadangan”, “Rahasia #1”, “ Rahasia #2” “Tembus Pandang”.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x