Kompas TV entertainment selebriti

Pertempuran Caleg Artis di Jatim 1, Ini Suara Ahmad Dhani, Tom Liwafa hingga Arzeti Bilbina

Kompas.tv - 16 Februari 2024, 12:09 WIB
pertempuran-caleg-artis-di-jatim-1-ini-suara-ahmad-dhani-tom-liwafa-hingga-arzeti-bilbina
Ki-ka: Ahmad Dhani, Tom Liwafa, Arzeti Bilbina, Puti Guntur Soekarno Putri, Andre Hehanussa (Sumber: Ist)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tahun ini, selebritis atau artis tanah air yang terjun ke dunia politik menjadi calon legislatif diketahui menjadi yang terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya. Dari data KPU RI, sedikitnya ada 82 selebritas yang akan ikut bertarung dalam Pemilu Legislatif 2024.

Daerah pemilihan yang banyak diisi oleh caleg artis adalah Jawa Timur 1, daerah ini meliputi wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Di dapil Jatim 1 ini paling banyak artis bertarung memperebutkan kursi ke Senayan.

Mereka adalah Arzeti Bilbina dari PKB, Lucy Kurniasari (Partai Demokrat), Ahmad Dani (Gerindra), Arizal Tom Liwafa (PAN), Andre Hehanussa (PDIP), dan Krisna Mukti (Nasdem).

Baca Juga: Tamara Tyasmara Jalani Tes Psikologi terkait Pembunuhan Dante oleh Kekasihnya: Mohon Doanya

Dapil Jatim 1 nantinya akan memperebutkan 10 kursi untuk lolos ke DPR RI. Persaingan ketat antarcaleg di Dapil Jatim 1 tidak hanya terjadi di kalangan artis, namun juga dengan caleg incumbent yang sudah memiliki basis massa.

Dari daftar caleg artis di dapil Jatim 1 ini hanya Arzeti Bilbina dan Lucy Kurniasari yang berstatus caleg incumbent. Mengutip situs resmi pemilu2024.kpu.go.id, update 16 Feb 2024 10:01:33 dengan progres: 937 dari 13.733 TPS (6.82%) berikut perolehan perebutan suara di Dapil Jatim 1.

Arzeti Bilbina menempati posisi kedua dari PKB, ia meraih 10.331, posisi PKB pertama ditempati Syaikhul Islam dengan suara 10.525

Baca Juga: Kunto Aji Ceritakan Seru dan Capeknya Jadi Anggota KPPS

Dari Gerindra, nama Dhani Ahmad Prasetyo meraih 11.506 suara dan duduk di urutan kedua, sementara urutan pertama ditempati Ir. Bambang Haryo Soekartono dengan 19.900 suara. Bambang Haryo pernah menjadi anggota legislatif pada 2014 hingga 2019 silam.

Dari PDIP, Penyanyi Andre Hehanussa hanya meraih 4.841, urutan pertama dikuasai cucu sang proklamator, Soekarno, yakni Puti Guntur Soekarnoputri yang meraih 10.246.

Selanjutnya ada Krisna Mukti dari Nasdem hanya meraih 5.253 suara. Lucy Kurniasari dari Demokrat meraih urutan pertama dengan 4.186 suara.

Tom Liwafa dari PAN meraih 4197 suara dan menempati urutan kedua, urutan pertama dari PAN ada nama Sungkono dengan 7.554 suara.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x