Kompas TV entertainment musik

Future Sound Asia Resmi Tuntut The 1975 Buntut Pembatalan Good Vibes Festival Malaysia

Kompas.tv - 8 Agustus 2023, 17:58 WIB
future-sound-asia-resmi-tuntut-the-1975-buntut-pembatalan-good-vibes-festival-malaysia
Vokalis band The 1975, Matthew Healy atau Matty Healey, saat tampil pada festival musik Glastonbury di Inggris, Minggu, 29 Juni 2014. (Sumber: Joel Ryan/Invision/AP)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Fadhilah

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Promotor Good Vibes Festival Malaysia, Future Sound Asia (FSA), resmi mengeluarkan surat tuntutan kepada band asal Inggris, The 1975.

Tuntutan tersebut dikeluarkan usai vokalis The 1975, Matty Healy, mengkritik undang-undang LGBT di Malaysia, mencium bassist The 1975 Ross MacDonald, dan merusak properti panggung.

Hal itu menyebabkan Good Vibes Festival Malaysia yang seharusnya masih digelar tiga hari lagi, terpaksa dibatalkan oleh pihak berwenang.

Baca Juga: Sejumlah Artis dan Vendor Malaysia Bakal Gugat The 1975, Buntut Pembatalan Good Vibes Festival

Pihak FSA menyatakan bahwa pihaknya ingin menegaskan ketidaksetujuannya terhadap perilaku Matty Healy Cs di atas panggung.

“Secara khusus, penggunaan bahasa kasar oleh penyanyi utama Matthew Timothy Healy, kerusakan peralatan, dan perilaku panggung yang tidak senonoh tidak hanya melanggar pedoman lokal dan undang-undang Malaysia secara terang-terangan,” demikian pernyataan dari FSA, Senin (8/8/2023), sebagaimana dikutip dari Billboard.

“Tetapi juga menodai reputasi festival berusia 10 tahun tersebut.”

FSA menjelaskan, pembatalan festival akibat tindakan dari Matty Healy membuat pihaknya mengalami kerugian finansial dan festival musik terancam dibatasi pada masa mendatang.

Soal kerugian finansial, pihak FSA mungkin sudah membayar deposit artis yang seharusnya tampil di Good Vibes Festival Malaysia.

“Pelanggaran ini menyebabkan pembatalan festival, yang mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan bagi FSA dan berdampak negatif pada artis dan bisnis lokal,” tegas FSA.

Terkait tuntutan itu, pihak The 1975 hingga kini belum mengeluarkan pernyataan apapun.

Baca Juga: 3 Gurauan Sheila On 7 di We The Fest 2023, Sempat Sindir Matty Healy dan The 1975

Sebagai informasi, selama pertunjukan musik di Kuala Lumpur, Healy mengkritik undang-undang LGBT di Malaysia dan mengatakan kemarahannya akan peraturan tersebut pada 21 Juli 2023.

“Saya tidak melihat gunanya mengundang 1975 ke suatu negara dan kemudian memberi tahu kami dengan siapa kami dapat berhubungan seks,” kata Matty Healy di atas panggung.

Setelah pidato singkat itu, dia mencium Ross MacDonald. Healy juga minum alkohol dan merusak drone yang dioperasikan di atas panggung.

Tak lama kemudian, band tersebut harus turun dari panggung. Sisa tiga hari dari festival itu pun dibatalkan.



Sumber : Billboard



BERITA LAINNYA



Close Ads x