Kompas TV entertainment selebriti

Monty Norman, Komposer Lagu Film James Bond Meninggal Dunia

Kompas.tv - 12 Juli 2022, 21:19 WIB
monty-norman-komposer-lagu-film-james-bond-meninggal-dunia
Monty Norman, komposer musik tema film James Bond yang ikonik, meninggal dunia di usia 94 tahun. (Sumber: AP/Kirsty Wigglesworth)
Penulis : Dian Septina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Monty Norman, komposer di balik theme song ikonis James Bond, meninggal dunia pada Senin (11/7/2022).

Sang komposer berpulang pada usia 94 tahun usai sempat mengalami sakit di hari yang sama. Kabar duka tersebut dibagikan melalui situs resmi Norman.

"Dengan sedih kami mengabarkan bahwa Monty Norman meninggal pada 11 Juli 2022," bunyi dalam situs resmi Norman, dilansir People, Selasa (12/7/2022).

Komposer bernama asli Monty Noserovitch lahir di London, Inggris, pada 4 April 1928 dari keluarga imigran Yahudi-Latvia.

Baca Juga: Pelawak Rini S Bon Bon Meninggal Dunia

Ia mengawali karier sebagai penyanyi untuk band besar di era 1950-an, lalu menjadi komposer musisi ternama seperti Tommy Steele dan Bob Hope.

Setelah itu, Norman aktif dalam menulis dengan serangkaian pertunjukan panggung hit, rekaman, televisi, hingga skor film atas namanya sendiri.

Ia menulis musik untuk film horor The Two Faces of Dr. Jekyll (1960), The Day the Earth Caught Fire (1961), komedi Call Me Bwana (1963), dan miniseri TV Dickens of London (1976).

Nama Norman mulai dikenal luas oleh publik setelah menata musik untuk film James Bond pertama, Dr. No (1962), yang dibintangi aktor Sean Connery.

Musik tema tersebut selalu dipakai berkali-kali dalam waralaba film James Bond hingga yang terakhir.

Baca Juga: Shinzo Abe Meninggal Usai Ditembak di Nara, Jepang

Norman mengatakan lagu tema itu menjadi populer karena menyajikan musik yang baru dengan konsep segar.

"Kami sadar kita butuh musik yang segar dan kontemporer untuk lagu tema, dan kami menemukan John Barry, komposer luar biasa yang sedang naik daun, sehingga semuanya bekerja dengan sangat baik," kata Norman dikutip dari situs resminya.

Selanjutnya, Norman menggarap musik untuk beberapa film dan pentas musikal lainnya. Sebut saja The Perils of Scobie Prilt (1963), Yiddish Pinkus (1967), Stand and Deliver (1972), So Who Needs Marriage? (1975), dan Songbook (1979).


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x