Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Mustika Ratu Siap Perluas Pasar ke Eropa melalui IEBF 2024

Kompas.tv - 19 Oktober 2024, 02:00 WIB
mustika-ratu-siap-perluas-pasar-ke-eropa-melalui-iebf-2024
PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), produsen produk kecantikan, jamu, dan kesehatan asal Indonesia, menyatakan optimismenya untuk memperluas pasar ke Eropa melalui partisipasi dalam Indonesia Europe Business Forum (IEBF) 2024. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), produsen produk kecantikan, jamu, dan kesehatan asal Indonesia, menyatakan optimismenya untuk memperluas pasar ke Eropa melalui Indonesia Europe Business Forum (IEBF) 2024. 

IEBF 2024 merupakan acara yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia pada Senin (7/10/2024) di Jakarta, dengan tujuan mempercepat realisasi proyek perdagangan, pariwisata, dan investasi antara Indonesia dan Eropa.

Dalam kesempatan tersebut, PT Mustika Ratu memperkenalkan produknya di hadapan para pemimpin bisnis dan diplomat, termasuk duta besar, serta tamu terhormat dari sektor pariwisata, budaya, dan perhotelan. 

Bingar Egidius Situmorang, Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian global Mustika Ratu yang telah hadir di lebih dari 40 negara.

Apalagi perusahaan ini juga meraih penghargaan Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2023 untuk kategori Ekspansi Ekspor Terbaik.

Bingar menambahkan, perusahaannya menawarkan tiga peluang kerja sama yang menarik dalam sektor spa & wellness.

Pertama, Mustika Ratu membuka peluang ekspansi gerai spa melalui kepemilikan bersama waralaba, konsultasi, serta manajemen spa. Mustika Ratu juga siap membuka peluang merger dan akuisisi untuk investor baru. 

Baca Juga: Mooryati Soedibyo Pendiri Mustika Ratu Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun

Kedua, pelatihan dan penyediaan sumber daya manusia untuk terapis spa dan make-up artist melalui Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mustika Ratu (LPPMS). 

Ketiga, Mustika Ratu akan menyediakan perlengkapan untuk industri perhotelan, seperti produk perawatan tubuh, minyak pijat, handuk, dan linen, bekerja sama dengan mitra lokal.

Bingar juga menyatakan optimismenya produk-produk Mustika Ratu sudah siap membanjiri pasar Eropa. 

"Kini masyarakat sudah semakin cerdas untuk menentukan pilihan; mereka lebih cenderung memilih produk-produk yang alami, sehat, aman, serta ramah lingkungan," tambahnya. 

Sementara Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Bulgaria, Albania, dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta, menyampaikan keyakinannya terhadap potensi produk Indonesia di pasar Eropa. 

"Dari joint venture investment dan kerja sama perdagangan yang saya inisiasi sejak 2022, saya meyakini dalam lima tahun ke depan produk Indonesia dapat lebih membanjiri Eropa,” ujar Dubes Iwan.

Partisipasi Mustika Ratu dalam IEBF 2024 mencerminkan komitmennya untuk memperkuat kerja sama bisnis antara Indonesia dan Eropa.

Forum ini diharapkan dapat mempercepat proyek perdagangan, pariwisata, dan investasi yang menguntungkan kedua belah pihak. 

Baca Juga: Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Begini Sejarah Mustika Ratu yang Didirikannya


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x