Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Arsjad Rasyid Jawab Dugaan Dilengserkan dari Ketum Kadin karena Dukung Ganjar di Pilpres 2024

Kompas.tv - 15 September 2024, 20:15 WIB
arsjad-rasyid-jawab-dugaan-dilengserkan-dari-ketum-kadin-karena-dukung-ganjar-di-pilpres-2024
Ketua Umum (Ketum) Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid di Jakarta, Minggu (15/9/2024). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum (Ketum) Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid menjawab dugaan dilengserkannya dirinya dari kursi ketum Kadin lantaran mendukung pencalonan Ganjar Pranowo sebagai Capres di Pilpres 2024. 

Menurut dia, itu tak ada kaitannya sama sekali. Sebab, saat ditunjuk menjadi ketua tim pemenangan Ganjar, dirinya pun mengambil keputusan untuk cuti dari Kadin. 

"Waktu itu sekali lagi saya ambil cuti ataupun berhalangan hadir. Dan pada waktu itu dalam setiap keputusan yang saya buat, bisa ditanyakan langsung kepada teman-teman Ketum daerah setiap langkah yang saya lakukan saya berkonsultasi dengan temen Kadin daerah, pengurus harian sampai pun akhirnya saya harus memutuskan menjadi salah satu ketua dalam tim pemenangan itupun juga saya ajak bicara," kata Arsjad dalam konferensi, Minggu (15/9/2024).

Baca Juga: Arsyad Rasjid: Ada Oknum Tidak Berkepentingan Halangi Kami Masuk Gedung Kadin

Ia menjelaskan, kala dirinya mengajukan cuti dari Kadin, beberapa pengurus menyatakan hal itu tak perlu dilakukan.

"Pada waktu itu, teman-teman mengatakan kepada saya, tidak perlu, karena sesuai AD/ART tidak perlu saya melakukan cuti ataupun berhalangan hadir. Namun, saya putuskan kita harus tunjukkan good governance.

Menurut dia, proses penyelenggaraan Musyarawah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin yang dilakukan kemarin itu hanya dikehendaki oleh segelintir okum yang memang ingin memecah belah organisasi.

Namun sayangnya, ia enggan mengungkapkan nama oknum atau kelompok yang berada di balik Munaslub kemarin.

"Jadi, kalau bicara nama atau apa, ini yang saya katakan tadi ada segelintir, sekelompok orang yang ingin menjalankan proses munaslub," katanya, dipantau dari Breaking News KompasTV.

Baca Juga: Munaslub Kadin Ramai Ditolak, Ketum Kadin Kalsel: Bukan soal Arsjad atau Anindya, tapi AD/ART

Sebelumnya, Kadin menggelar Munaslub yang diselenggarakan di St Regis, Jakarta pada Sabtu (14/9/2024) dan mengangkat Anindya Bakrie sebagai ketum.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x