Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Kapan Penyaluran BPNT Tahap September 2024 Dilakukan? Cek Penerima Dulu di cekbansos.kemensos.go.id

Kompas.tv - 3 September 2024, 10:30 WIB
kapan-penyaluran-bpnt-tahap-september-2024-dilakukan-cek-penerima-dulu-di-cekbansos-kemensos-go-id
Ilustrasi uang bantuan sosial. Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memberikan bantuan sosial kepada masyarakat miskin di seluruh Indonesia. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Indonesia kembali menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahap 5 untuk periode September-Oktober 2024. Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memberikan bantuan sosial kepada masyarakat miskin di seluruh Indonesia.

BPNT tahap 5 akan disalurkan dengan nominal Rp400.000 per penerima mencakup bulan September-Oktober atau sebesar Rp600.000 untuk bulan September-November. Bantuan ini ditujukan kepada warga miskin yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Untuk memastikan transparansi dan akurasi penyaluran bantuan, Kemensos menyediakan layanan pengecekan status penerima BPNT melalui situs resmi cekbansos.kemensos.go.id. Masyarakat dapat mengakses situs ini menggunakan perangkat ponsel atau komputer.

Cara Cek Status Penerima BPNT September-Oktober

  1. Akses situs cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Pilih wilayah penerima manfaat (Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa).
  3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai yang tertera di KTP.
  4. Isi kode verifikasi yang muncul di layar.
  5. Klik tombol "Cari Data".

Baca Juga: Cara Cek Bansos Lewat HP Hanya Pakai NIK KTP, Bisa Dapat Bantuan Uang Tunai hingga Beras

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, sistem akan menampilkan daftar nama penerima manfaat beserta status pencairan sesuai wilayah yang dipilih. Status "Ya" pada kolom penerima BPNT menandakan bahwa seseorang terdaftar sebagai penerima bantuan.

Untuk mengetahui kapan bantuan akan cair, masyarakat dapat melihat status penyaluran yang bertanda "Diproses Bank Himbara/PT Pos Indonesia", hal ini mengindikasikan bahwa bantuan akan segera disalurkan.

Seluruh KPM akan menerima bantuan melalui rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang diterbitkan oleh bank Himbara, seperti BRI, BNI, Mandiri, atau BSI.

Kemensos telah melakukan sosialisasi dan pembuatan rekening KKS baru pada Agustus 2024 bagi KPM yang sebelumnya belum memiliki rekening.

Langkah ini diambil untuk memastikan seluruh penerima bantuan dapat mengakses dana BPNT dengan lebih mudah dan efisien.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x