Kompas TV ekonomi loker

Kenali Arti TWK, TIU, dan TKP dalam Tes CPNS agar Pendekatan Jawabanmu Valid

Kompas.tv - 21 Agustus 2024, 13:15 WIB
kenali-arti-twk-tiu-dan-tkp-dalam-tes-cpns-agar-pendekatan-jawabanmu-valid
Ilustrasi tes CPNS. (Sumber: Tribunnews/Alex Suban)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah lolos dalam tahap seleksi administrasi akan lanjut ke tahap tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk menguji pengetahuan dasarnya.

Tes SKD mencakup soal-soal seperti matematika dasar, bahasa Indonesia, wawasan kebangsaan, hingga tes intelegensi. SKD CPNS 2024 sendiri terdiri dari tiga tes utama, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Anda harus memahami dulu arti dan maksud dari TWK, TIU, dan TKP agar pendekatan jawaban saat menjawab soal valid dan tidak melenceng jawabnya sesuai kemauan sendiri.

Baca Juga: Lowongan Kerja Bank BNI untuk Lulusan D3 dan S1 Fresh Graduate, Penempatan di Kalimantan

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TWK bermaksud untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan Anda mengimplementasikan:

  • Nasionalisme: Mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama sambil mempertahankan identitas nasional.
  • Integritas: Mampu menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen, dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.
  • Bela negara: Mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara. Pilar negara: Mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.
  • Bahasa negara: Mampu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tes Intelegensi Umum (TIU)

TIU bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan:

  • Kemampuan verbal, yang meliputi analogi, silogisme, dan analitis.
  • Kemampuan numerik, meliputi kemampuan berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan menganalisa soal cerita.
  • Kemampuan figural, meliputi nalar analogi, kemampuan melihat perbedaan pada gambar, dan serial atau melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.

Baca Juga: Lowongan Kerja Besar-besaran di Kemenkumham 2024, Butuh 9.070 Orang dengan 19 Jabatan

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

TKP bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan: Pelayanan publik:

  • Berperilaku ramah dalam bekerja yang efektif untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang.
  • Jejaring kerja: Membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi, dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.
  • Sosial budaya: Beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk yang terdiri dari beragam agama, suku, dan budaya.
  • Informasi dan komunikasi: Memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja.
  • Profesionalisme: Melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan. Anti radikalisme: Menjaring informasi tentang pengetahuan anti radikalisme dan kecenderungan bersikap serta bertindak dalam menanggapi situasi dengan beberapa alternatif.

Jumlah soal keseluruhan dalam tes SKD CPNS 2024 adalah 110 butir soal yang dikerjakan selama 100 menit. Soal TWK terdiri dari 30 butir soal, TIU terdiri dari 35 butir soal, dan TKP terdiri dari 45 butir soal.


 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x