Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Cara Cek Status Penerima Bansos BPNT Agustus 2024 Rp 2,4 Juta di cekbansos.kemensos.go.id

Kompas.tv - 20 Agustus 2024, 08:22 WIB
cara-cek-status-penerima-bansos-bpnt-agustus-2024-rp-2-4-juta-di-cekbansos-kemensos-go-id
Ilustrasi menerima uang bantuan sosial atau bansos dari Kementerian Sosial (Kemensos) sebesar Rp600 ribu. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Sosial (Kemensos) kembali memberikan bantuan sosial (bansos) sembako atau BPNT Agustus 2024. Bantuan berupa uang tunai senilai Rp 2,4 juta per tahun, yang biasanya dicairkan sebesar Rp 200 ribu per bulan akan diberikan rapel untuk dua atau tiga bulan sekaligus.

Jika kamu adalah salah satu penerima manfaat, berikut cara untuk cek status penerima BLT Rp 2,4 juta per tahun dan bansos sembako BPNT Agustus 2024, termasuk kapan bantuan tersebut akan cair.

Cara Cek Status Penerima BLT Rp 2,4 Juta di cekbansos.kemensos.go.id

Untuk mengetahui apakah namamu terdaftar sebagai penerima BLT Rp 2,4 juta dari pemerintah, kamu dapat mengecek status bansos melalui situs resmi Kementerian Sosial. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat tinggalmu.
  3. Ketikkan nama lengkap sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  4. Klik tombol "Cari Data" untuk melihat hasil pencarian.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2024 Dibuka, Berikut Persyaratan dan Jadwal Lengkapnya

Setelah itu, informasi mengenai status penerimaan BLT Rp 2,4 juta per tahun dari bansos sembako BPNT Agustus 2024 akan ditampilkan. Kamu bisa mengetahui apakah bantuan tersebut sudah cair atau masih dalam proses penyaluran.

BLT sebesar Rp 2,4 juta per tahun disalurkan melalui program bansos sembako BPNT dengan jumlah Rp 200 ribu per bulan. Meski idealnya cair setiap bulan, sering kali penyalurannya dirapel dalam beberapa bulan sekaligus, terutama jika ada keterlambatan.

Pencairan dilakukan melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), termasuk BRI, BTN, BNI, dan Bank Mandiri, serta Kantor Pos. Penerima bantuan bisa melakukan pencairan dana melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang berfungsi layaknya kartu ATM. Jika kamu tidak memiliki KKS, bantuan masih bisa diambil di Kantor Pos terdekat.

Untuk mengecek apakah bansos sembako BPNT Agustus 2024 sudah cair atau belum, penerima dapat memeriksa saldo yang ada di KKS melalui mesin ATM atau datang langsung ke bank penyalur. Kartu KKS sudah terintegrasi dengan jaringan Himbara dan dapat digunakan untuk menarik uang tunai bantuan pemerintah.

Baca Juga: Info Cara Cek Daftar Penerima dan Jadwal Penyaluran Bansos BPNT Agustus 2024


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x