Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Catat! Tol Cimanggis-Cibitung Beroperasi Tanpa Tarif Hari Ini Rabu 10 Juli Mulai Pukul 06.00 WIB

Kompas.tv - 10 Juli 2024, 05:15 WIB
catat-tol-cimanggis-cibitung-beroperasi-tanpa-tarif-hari-ini-rabu-10-juli-mulai-pukul-06-00-wib
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, Tol Cimanggis-Cibitung yang telah diresmikan oleh Wakil Presiden RI Maruf Amin pada Selasa (9/7/2024), akan mulai beroperasi tanpa tarif pada Rabu (10/7) hari ini mu;ai pukul 06.00 WIB. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

KAB. BOGOR, KOMPAS.TV- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, Tol Cimanggis-Cibitung akan mulai beroperasi tanpa tarif pada hari ini, Rabu (10/7/2024) pukul 06.00 WIB. Adapun tol tersebut telah diresmikan oleh Wakil Presiden RI Maruf Amin, Selasa (9/7) kemarin.

Selain itu, dengan diresmikannya Tol Cimanggis-Cibitung, maka Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 telah tersambung seluruhnya.

Pasalya, tol tersebut menghubungkan Simpang Susun Cikeas di Kabupaten Bogor sampai dengan Junction Cibitung di Kabupaten Bekasi.

Sehingga jaringan Jalan Tol JORR 2 telah tersambung sepanjang 111 km, mulai dari Cengkareng – Kunciran – Serpong – Cinere– Jagorawi – Cimanggis – Cibitung hingga Cilincing.

Baca Juga: Tol Padang-Sicincin dan Sigli-Banda Aceh Ditargetkan Selesai Tahun Ini, Pangkas Waktu Tempuh 1 Jam

"JORR 2 yang semua lengkap dari Cengkareng sampai ke Cilincing," kata Basuki usai peresmian Tol Cimanggis-Cibitung di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7).

Ia mengatakan, jalan tol ini menjadi akses penghubung dari wilayah Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi. Sekaligus meningkatkan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter dan logistik menuju kawasan industri Cikarang, Cibitung, dan Cilincing.

"Jadi kalau orang dari barat mau ke timur, sudah tidak masuk Jakarta lagi, tapi bisa lewat ini (Tol Cimanggis-Cibitung) langsung ke Cikampek. Jadi mengurangi kemacetan dalam kota Jakarta," ujar Menteri PUPR seperti dikutip dari Antara.

Basuki menerangkan, proyek tol tersebut termasuk dalam  Proyek Strategis Nasional yang memiliki dampak signifikan terhadap perekonomian nasional. PT Cimanggis Cibitung Tollways berlaku sebagai pemegang hak konsesi jalan tol dan nilai investasinya mencapai Rp10,6 Triliun.

Baca Juga: Catat! Tap In dan Tap Out di Stasiun LRT Jabodebek yang Sama Bisa Kena Tarif Maksimum

Pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dimulai sejak 2016 dan melintasi empat wilayah yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung juga terkoneksi dengan Jalan Tol Trans Jawa Ruas Jakarta – Cikampek, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Patimban, Bandara Soekarno – Hatta, dan Bandara Kertajati.

Sehingga, menjadi ruas alternatif dan solusi mengurangi travel time akibat kemacetan/kepadatan lalu lintas dari Ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta, Bogor, Tangerang, dan sekitarnya.

Berdasarkan SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1626/KPTS/M/2024, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Junction Cibitung sepanjang 19,65 km telah memenuhi persyaratan laik fungsi secara teknis, administratif, dan sistem operasi tol sehingga dapat dioperasikan.


 




Sumber : Antara, Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x