Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

KA Ekonomi Jayabaya dengan Kursi Premium Mulai Beroperasi 26 September 2023, Rute Pasar Senen-Malang

Kompas.tv - 22 September 2023, 14:50 WIB
ka-ekonomi-jayabaya-dengan-kursi-premium-mulai-beroperasi-26-september-2023-rute-pasar-senen-malang
PT KAI akan mulai mengoperasikan Kereta Api (KA) Ekonomi New Generation mulai 26 September 2023 untuk kereta Jayabaya dengan relasi Pasar Senen-Malang PP. (Sumber: KAI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV- PT KAI akan mulai mengoperasikan Kereta Api (KA) Ekonomi New Generation mulai 26 September 2023 untuk kereta Jayabaya dengan relasi Pasar Senen-Malang PP. 

Kereta Ekonomi New Generation sebelumnya adalah kereta ekonomi jenis long seat tegak lurus berkapasitas 80 penumpang, yang dimodifikasi oleh Balai Yasa Manggarai.

"The wait is over! Kalian yang nungguin kereta ekonomi modifikasi, yang sekarang dinamakan Ekonomi New Generation, akhirnya udah nggak penasaran lagi nih Kereta Ekonomi New Generation dirangkaikan di KA Jayabaya relasi Jakarta Pasar Senen-Malang (pp), mulai 26 September 2023," tulis KAI di akun Instagram resminya, @kai121_, Jumat (22/9/2023). 

Baca Juga: Daftar Kereta Ekonomi yang Masih Pakai Kursi Tegak, Tarifnya Disubsidi Pemerintah

Modifikasi yang dilakukan di Balai Yasa meliputi jenis kursi yang sudah menggunakan jenis captain seat atau kursi premium, yang bisa diatur kemiringannya (reclining) dan arah hadap kursinya (revolving). Serta pengurangan kapasitas menjadi 72 penumpang, sehingga leg room jadi lebih luas. 

Selain itu, kursinya bisa diatur searah laju KA atau berhadapan.

"Nantinya, stamformasi KA Jayabaya akan menjadi 4 kereta eksekutif (K1), 5 kereta Ekonomi New Generation (K3 NG) dan 1 kereta makan pembangkit (MP3)," ujar KAI. 

Baca Juga: Ini Penampakan Baru Kereta Ekonomi: Kursi Bisa Disandarkan dan Diputar hingga Pakai Toilet Duduk

Saat ini, ada sepuluh kereta ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi oleh Balai Yasa Manggarai, sejak April 2023.

KAI juga mengucapkan terima kasih kepada pelanggan setia yang telah banyak memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan berkelanjutan dalam layanan KAI di segala lini.

"Salah satunya adalah melalui modifikasi Kereta Ekonomi New Generation, sebagai komitmen KAI untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan selama dalam perjalanan," tutur KAI.


 




Sumber : KOMPAS TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x