> >

Mahfud MD Sebut Data Pribadinya Bukan Rahasia, Netizen: Bahaya Kalau Gini Cara Pikirnya

Internet | 13 September 2022, 10:34 WIB
Arsip, foto Menkopolhukam Mahfud MD | Mahfud menanggapi kebocoran data pribadinya via Twitter pada Selasa (13/9/2022). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menanggapi kebocoran data pribadi yang menimpa dirinya, Selasa (13/9/2022). Hal itu ia sampaikan melalui akun Twitter pribadinya.

"Banyak yang japri saya bahwa data pribadi saya dibocorkan oleh Bjorka hacker. Saya tak ambil pusing dan tak ingin tahu. Sebab data pribadi saya bukan rahasia, bisa diambil dan dilihat di Wikipedia (Google), di sampul belakang buku-buku saya, di LHKPN KPK," kata Mahfud 

"Data pribadi sy terbuka, tak perlu dibocorkan," imbuhnya.

Baca Juga: Banyak Data Diretas, Ternyata Cuma 5-10 Persen Notifikasi BSSN yang Direspons Pemerintah

Tanggapan yang dilontarkan Menkopolhukam menimbulkan beragam reaksi dari para warganet. Beberapa menyayangkan cara Mahfud merespon kejadian ini.

Salah satunya @YanamaID dengan username Yanama, yang menganggap cara pikir macam itu berbahaya.

"Bahaya Pak kalau begini cara mikir pejabat kita, bahaya. Yang jadi masalah itu data masyarakat pak. Bapak enak ga kena serangan spam, pinjol dan teror lainnya," ujar Yanama.

Komentar serupa juga datang dari @awfannnn.

"Pak, esensinya bukan dari data bapak yang gak masalah jika terbuka, tapi lemah nya sistem kinerja pemerintah dalam menjamin privasi warga negaranya. Kecewa sih bapak hanya menggunakan kata “saya” ketimbang “kita” padahal bapak pejabat publik," imbuhnya.

Baca Juga: Pakar: Manuver Bjorka Lincah, di Twitter dan Telegram Beda, Bisa jadi Pengalihan Isu Judi Online

Penulis : Rofi Ali Majid Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU