> >

Cara Cek Kode Negara iPhone Sebelum Beli yang Bekas, Ini Daftarnya

Teknologi | 14 Februari 2024, 02:00 WIB
Apple meluncurkan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus pada Rabu (13/9/2023) dini hari WIB. Terdapat beberapa peningkatan dalam ponsel ini ketimbang pendahulunya. (Sumber: Apple)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat ini, banyak penjual iPhone bekas yang mencantumkan informasi mengenai kode produksi saat menjual perangkat dari Apple di tahun 2024.

Kode produksi iPhone berupa kombinasi huruf dan angka yang tertera pada label pabrik di bagian belakang iPhone, berfungsi untuk mengenali model, tahun pembuatan, dan lokasi spesifik produksi iPhone tersebut.

Lain itu, kode produksi ini juga memberikan informasi keaslian produk tersebut.

Sebagai ilustrasi, apabila sebuah kode produksi iPhone diawali dengan "C39," itu menunjukkan bahwa iPhone tersebut diproduksi di fasilitas pabrik Foxconn di China pada bulan Maret. Informasi ini biasanya dapat ditemukan pada menu "Tentang" atau "About" di perangkat iPhone.

Di pasar Indonesia, distributor resmi seperti iBox dan Digimap telah menerima sejumlah kode resmi iPhone.

Kode-kode resmi iPhone yang beredar di Indonesia sejak varian pertama antara lain adalah PA/A, ID/A, dan FE/A.

Baca Juga: Pemuda di Malang Jadi Tersangka usai Ngaku Jadi Korban Begal, Padahal iPhone Disita Pacar

Misalnya, MF234PA/A adalah salah satu kode yang ditetapkan untuk distributor resmi di Indonesia.

Seiring dengan meningkatnya penjualan iPhone bekas, penggemar sering menemukan berbagai kode iPhone yang berasal dari luar Indonesia.

Tentu saja, indikasi dari kode iPhone yang berasal dari luar Indonesia sebaiknya dikonfirmasi melalui situs resmi Kementerian Perindustrian dan Bea Cukai.

Penulis : Gilang Romadhan Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV/Apple Fandom


TERBARU