> >

Gaduh Pria Kelebihan Kromosom X, Benarkah Jadi Lebih Feminin?

Sains | 12 Juli 2023, 18:39 WIB
Ilustrasi DNA. (Sumber: Unsplash/Brano)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Netizen tengah dihebohkan oleh unggahan di Twitter yang berisi tangkapan layar curhatan pria di TikTok yang mengaku kelebihan kromosom X.

Jangan ajari aku sabar, dilahirkan dengan kelebihan kromosom X dan tetap berusaha di jalan yang lurus biar tetap disayang Allah,” tulis pria tersebut.

Unggahan itu pun mendapatkan banyak komentar dari netizen. Beberapa memberikan semangat kepada pria tersebut, beberapa yang lain menyebutkan bahwa kelebihan kromosom X dapat membuatnya jadi lebih feminin.

Kalo beneran kelebihan kromosom X harusnya ada tubuh dia yang (maaf) agak lebih dari cowo (menyerupai (cewe),” tulis akun @hoch*** di kolom komentar.

Baca Juga: Punya Kelainan Kromosom, Perempuan Asal Inggris Ini Tak Bisa Rasakan Sakit, Capek, dan Lapar

Lantas, benarkan pria yang kelebihan kromosom X bisa menjadi lebih feminin?

Pakar Biologi Kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Asmarinah menjelaskan bahwa hal itu merupakan kelainan kromosom. Kelainan kromosom ada dua jenis, yakni kromosom tubuh (22 pasang aa) dan kromosom seks (XY dan XX).

Kromosom seks XY adalah untuk laki-laki, sedangkan kromosom XX untuk perempuan.

“Laki-laki yang mempunyai 2 kromosom X, jadi kromosom seksnya XXY, maka akan mengalami sindrom Klinefelter,” jelas Asmarinah, Rabu (12/7/2023), dikutip dari Kompas.com.

Sindrom Klinefelter sendiri terjadi akibat adanya kesalahan genetik acah usai terjadinya pembuahan, jadi ini bukan hal yang bersifat diwariskan atau turunan.

Baca Juga: Kata Dokter, Kelelahan Tidak Menyebabkan Kematian kecuali Ada Kelainan Bawaan

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas.com


TERBARU