> >

Bocah 7 Tahun Positif Covid-19 dan Ibunya PDP Usai Ayah Pulang dari Ijtima Ulama

Berita daerah | 25 April 2020, 12:35 WIB
Virus Corona (Sumber: grid.id)

TEMANGGUNG, KOMPAS TV - Seorang anak berusia 7 tahun dikonfirmasi positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Anak tersebut diketahui tertular ayahnya usai pulang mengikuti Ijtima Ulama Dunia Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan.

Bupati Temanggung, M. Al Khadziq, mengatakan ini menjadi kasus pertama terjadinya transmisi lokal virus corona di wilayahnya.

"Penularan dari bapak kepada anaknya yang tinggal dalam satu rumah, hal ini menandai kasus pertama di Kabupaten Temanggung terjadinya transmisi lokal virus corona," kata Khadziq dalam keterangan resminya pada Jumat (24/4/2020).

Baca Juga: Lagi! Warga Tolak Kapal Pembawa Balita Diduga Positif Corona

Khadziq menuturkan, anak tersebut sudah dirawat di RSUD Temanggung beserta ibunya. Ibu dari anak tersebut, kini juga mengalami gejala batuk dan berstatus sebagai pasien dalam pengawasan (PDP). 

Pemerintah Kabupaten Temanggung terus memberikan perhatian khusus pada kegiatan dan keterlibatan warga dalam Ijtima Ulama Dunia Zona Asia.

"Dinas kesehatan hingga kini terus melakukan tes cepat terhadap kontak dekat klaster Gowa ini, semoga hasilnya tidak bertambah," katanya.

Sejauh ini, tercatat ada 86 orang warga Kabupaten Temanggung yang mengikuti acara Ijtima Ulama Dunia Zona Asia. Seluruhnya sudah menjalani rapid tes dan sebanyak 30 diantaranya dinyatakan reaktif Covid-19. 

Baca Juga: 60 Tenaga Medis di Jateng Positif Covid-19, Rata-rata Tertular dari Pasien

Penulis : Tito-Dirhantoro

Sumber : Kompas TV


TERBARU