> >

Lapas Perempuan Gorontalo Berantas Buta Huruf Al-Qur an Warga Binaan Melalui Program BISS

Sulawesi | 18 Oktober 2024, 15:00 WIB
Lapas Perempuan Gorontalo Berantas Buta Huruf Al-Qur’an Warga Binaan Melalui Program BISS (Sumber: Kompas Tv Gorontalo)

GORONTALO,KOMPAS.TV - Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Kanwil Kemenkumham Gorontalo, memberantas buta huruf Al-Qur'an melalui kegiatan pembinaan kepribadian dan program Baca Iqro Seru dan Santai (BISS).

Pembinaan Kepribadian sendiri merupakan pengembangan dasar-dasar pribadi setiap individu agar mampu menyeimbangkan atau mengendalikan dirinya sendiri melalui kegiatan keagamaan, jasmani, intelektual serta kesadaran berbangsa dan bernegara.

Sedangkan BISS merupakan salah satu program inovasi dari Lapas Perempuan Gorontalo yang memungkinkan para warga binaan belajar membaca iqro dengan seru dan santai sesuai dengan tingkatannya masing-masing.

Baca Juga: Ratusan Unit Truk Kontainer Geruduk Kantor DPRD Provinsi Gorontalo

Para Warga Binaan tampak sangat antusias mengikuti kegiatan yang bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo tersebut.

Menghadirkan 7 orang Penyuluh Agama, dalam pelaksanaannya kali ini para warga binaan dibagi ke dalam 7 kelompok berdasarkan tingkatan pemahaman terdiri dari 3 kelompok Al-Quran dan 4 kelompok Iqro.

Kalapas Perempuan Gorontalo, Elang Kartini, mengapresiasi dan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya, hal ini sebagai salah satu program upaya Lapas Perempuan Gorontalo dalam memberantas buta aksara Al-Qur’an.

"Program Belajar Iqro Seru dan Santai (BISS) ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para warga binaan khususnya bagi yang masih tahap Iqro untuk bisa lebih mudah dan cepat dalam memahami huruf hijaiah," tuturnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa melalui pembinaan ini para warga binaan tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan membaca Iqro dan Al-Qur'an saja, tetapi juga mendapatkan dampak positif dalam pembentukan karakter yang lebih baik.

 

Penulis : KompasTV-Gorontalo

Sumber : Kompas TV


TERBARU