> >

BMKG Imbau Warga Maluku Utara Tingkatkan Waspada Bencana Akibat La Nina

Papua maluku | 10 Oktober 2024, 20:30 WIB
Foto ilustrasi cuaca ekstrem.(Sumber: Pixabay via bpbd.bogorkab.go.id)

TERNATE, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sultan Baabullah Ternate telah mengeluarkan peringatan kepada masyarakat di Maluku Utara (Malut) untuk lebih waspada terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi.

"Kami harapkan para pemangku kepentingan dan seluruh komponen masyarakat dapat meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi terjadinya bencana hidrometeorologi di wilayah Malut," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Baabullah Ternate Sakimin di Ternate, Kamis dikutip dari Antara.

"Waspada juga adanya dampak fenomena la nina mengakibatkan terjadinya hujan dengan tidak menentu mulai Oktober hingga Desember 2024," imbuhnya.

Baca Juga: Politikus PDIP Sebut Ada Dinamika Internal soal Gabung atau Tidak ke Pemerintahan Prabowo-Gibran

Sakimin menambahkan, La Nina berpotensi menimbulkan beberapa bencana seperti longsor dan gelombang laut tinggi akibat angin kencang di wilayah Malut.

Ia juga mencatat adanya pola konvergensi di beberapa kabupaten/kota yang dapat memicu pembentukan awan konvektif.

Secara umum, cuaca di Maluku Utara pada periode 10-16 Oktober 2024 diprediksi akan berawan, dengan potensi hujan mulai dari intensitas ringan hingga lebat.

Hal ini dapat terjadi secara acak sepanjang hari, baik pagi, siang, sore, maupun malam hari.

Pihak BMKG meminta kewaspadaan khusus terhadap dampak hidrometeorologi, terutama angin kencang di wilayah Maluku Utara selama satu minggu ke depan.

Lebih lanjut, Sakimin merinci prakiraan cuaca dari tanggal 10 hingga 16 Oktober 2024.

Penulis : Kiki Luqman Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU