> >

BMKG Imbau Warga Pesisir Aceh Waspada Banjir

Sumatra | 7 Oktober 2024, 21:09 WIB
Ilustrasi: logo BMKG. (Sumber: BMKG)

ACEH, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan kepada masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir barat dan selatan Aceh untuk bersiap menghadapi potensi banjir akibat hujan deras dalam beberapa hari mendatang. 

Hal ini disebabkan oleh sebagian besar wilayah Aceh yang kini telah memasuki musim penghujan.

Pihak BMKG menjelaskan, beberapa wilayah di Aceh, termasuk Aceh Barat, Aceh bagian tengah, dan Aceh bagian timur, telah memasuki musim hujan.

Sementara daerah seperti Banda Aceh, Sabang, dan sebagian Aceh Besar masih berada dalam musim kemarau. 

Beberapa wilayah lainnya saat ini sedang mengalami peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

“Kalau terkait hal tersebut (waspada potensi banjir, red) wilayah pesisir barat dan pesisir selatan,” kata Prakirawan BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda (SIM) Betsi di Aceh Besar, Senin.

Baca Juga: Suasana Duka Selimuti Pemakaman Kapolres Boyolali, Ratusan Pelayat Beri Penghormatan Terakhir

"Kondisi cuaca secara umum cerah berawan, namun ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat 1 disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah," tambah Betsi dikutip dari Antara.

Kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti belokan angin (shearline), daerah konvergensi, dan gelombang ekuatorial Rossby yang melintasi wilayah Aceh. 

Selain itu, anomali suhu muka laut yang hangat di perairan utara dan barat Aceh meningkatkan potensi terjadinya penambahan uap air di atmosfer.

Penulis : Kiki Luqman Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU