> >

Ini Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Puncak Bogor selama Libur Panjang Maulid Nabi Muhammad SAW

Jabodetabek | 15 September 2024, 10:20 WIB
Kondisi lalu lintas di kawasan Bogor, Jawa Barat menuju Puncak, pada Senin (24/4/2023) sore. (Sumber: Kompas.com/AFDHALUL IKHSAN)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satlantas Polres Bogor menerapkan rekayasa lalu lintas di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat untuk mengantisipasi libur panjang akhir pekan ini hingga Senin (16/9/2024).

Senin besok adalah hari libur nasional memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Volume kendaraan dari dan ke Puncak selama libur panjang Maulid pun diperkirakan akan meningkat. Untuk mengantisipasi kemacetan, Satlantas Polres Bogor kemudian menyiapkan skema rekayasa lalu lintas.

Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Satlantas Polres Bigir Iptu Ardian menyebut rata-rata kendaraan yang melintas di Jalur Puncak mencapai 2.800 kendaraan pada pukul 06.00-07.00 WIB.

Baca Juga: Liburan 'Long-Weekend', Begini Sistem Satu Arah di Arus Lalu Lintas Menuju Puncak Bogor dan Bandung

Ardian menyebut pihaknya menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil-genap dan satu arah atau one way untuk mengantisipasi kemacetan. Dia menekankan rekayasa lalu lintas akan ditetapkan secara situasional.

"Untuk pelaksanaannya kami akan laksanakan secara situasional, melihat perkembangan dan peningkatan volume kendaraan yang masuk," kata Ardian, Sabtu (15/9/2024), dikutip Kompas.com.

"Mengingat memang ambang batas di jalur Puncak itu dalam satu jam kurang dari 2.000 atau 1.500 kendaraan yang melintas, baik itu roda dua, empat maupun enam."

Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Puncak

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas.com


TERBARU