> >

Antisipasi Demo Ojol, Transjakarta Siapkan Bus Cadangan dan Percepat Waktu Kedatangan

Jabodetabek | 29 Agustus 2024, 12:23 WIB
Ilustrasi TransJakarta. PT TransJakarta menyiapkan bus cadangan sebagai antisipasi demo pengemudi ojek dan kurir se-Jabodetabek di wilayah Jakarta, Kamis (29/8/2024). (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyiapkan bus cadangan sebagai antisipasi demo pengemudi ojek dan kurir se-Jabodetabek di wilayah Jakarta, Kamis (29/8/2024).

Informasi ini disampaikan Direktur Operasional dan Keselamatan, Daud Joseph. Ia menyebut pihaknya memiliki cadangan armada 10 persen.

“Kita masih punya cadangan armada 10 persen. Bisanya kita gunakan untuk perawatan dan perbaikan, maintenance di bengkel. Tapi kalau dengan kondisi seperti ini kita bisa keluarkan semua,” kata Joseph, dalam keterangannya, Kamis.

Ia berharap cadangan 10 persen itu dapat menangani kekosongan terkait layanan transportasi.

Selain cadangan armada, ia menyebut pihaknya juga menyiapkan beberapa langkah antisipasi lainnya, yakni mempercepat waktu kedatangan bus (headway).

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penumpukan pelanggan di halte. 

Selain itu, TransJakarta juga akan menunda implementasi split shift atau pengendapan bus setelah lewat jam sibuk pagi hari.

Baca Juga: Kawal Demo Pengemudi Ojol-Kurir di Jakarta Hari Ini, Polisi Kerahkan 1.784 Personel Gabungan

“Pada jam-jam off peak bisanya di jam 09.00 - 16.00 WIB bisanya bus-bus itu kita pulangkan (split). Kalau aksi penyampaian pendapat berlangsung di jam-jam itu, pastinya tidak akan kita lakukan penundaan split untuk memastikan layanan tetap tersedia,” ujarnya.

Menurut penjelasannya, upaya antisipasi tersebut dilakukan agar mobilitas masyarakat, khususnya yang terdampak demo dapat terlayani.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV/Antara


TERBARU