> >

Erupsi Gunung Semeru Disertai Lava Pijar, Mengarah ke Besuk Kobokan, Masyarakat Diimbau Waspada

Jawa timur | 10 Juni 2024, 10:12 WIB
Visual Gunung Semeru yang erupsi dan mengeluarkan lava pijar, Minggu (9/6/2024) malam. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Gunung Semeru yang berlokasi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kembali menunjukkan aktivitas vulkanik yang signifikan pada Minggu malam (9/6/2024).

Berdasarkan laporan dari Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru Liswanto terjadi erupsi pada pukul 20.39 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 500 meter di atas puncak.

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah barat daya. Erupsi tersebut masih berlangsung saat laporan dibuat.

"Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari Minggu (9/6) pukul 20.39 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 500 meter di atas puncak," kata Liswanto dikutip dari Antara.

Baca Juga: Gunung Ile Lewotobi Laki-Laki Erupsi, Hujan Abu Vulkanik Guyur Permukiman Warga

Tak lama kemudian, pada pukul 21.44 WIB, Gunung Semeru kembali erupsi dengan tinggi kolom abu serupa dan arah yang sama.

Namun, yang lebih mengkhawatirkan adalah adanya guguran lava pijar dari puncak Gunung Semeru yang turun ke arah Besuk Kobokan, seperti terlihat jelas pada rekaman CCTV.

Masyarakat yang beraktivitas di sekitar daerah aliran sungai (DAS) Besuk Kobokan diminta untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya awan panas yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Berdasarkan data dari petugas, Gunung Semeru terus menerus erupsi hingga 14 kali pada Minggu sejak pukul 06.33 WIB hingga 21.44 WIB.

Meskipun belum mengganggu aktivitas warga di lereng gunung, namun potensi bahaya masih mengintai.

Penulis : Danang Suryo Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU