> >

BMKG: Waspadai Cuaca Esktrem di Wilayah Jawa Timur Periode 12-18 Maret 2024

Jawa timur | 13 Maret 2024, 16:02 WIB
Foto ilustrasi hujan lebat dampak cuaca ekstrem. Pihak BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hujan lebat serta gelombang laut tinggi untuk 27 daerah di Indonesia pada hari ini, Minggu (3/3/2024) hingga esok hari, Senin (4/3). (Sumber: Tribunnews)

SIDOARJO, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan terkait potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah kabupaten dan kota di Jawa Timur.

Kondisi ini meningkatkan kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti angin kencang, banjir, dan tanah longsor.

Menurut Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo, Taufiq Hermawan, dari pantauan citra satelit, beberapa wilayah di Jawa Timur perlu mewaspadai potensi cuaca ekstrem.

"Potensi tersebut mencakup hujan lebat, banjir, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, dan bahkan hujan es, yang diperkirakan terjadi dalam periode 12-18 Maret 2024," katanya.

Di antara wilayah yang perlu diwaspadai yaitu di Kabupaten Bangkalan, Lamongan, Madiun, Magetan, Ngawi, Sumenep, Kota Surabaya, Tuban, Gresik, Bojonegoro, Nganjuk, Pamekasan, Ponorogo, Sampang, Sidoarjo, Banyuwangi.

Selain itu ada Kota Batu, Kota Blitar, Jember, Jombang, Kota Kediri, Kota Mojokerto, Pacitan, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Situbondo, Tulungagung, Kediri.

Wilayah lainnya antara lain di Mojokerto, Probolinggo, Pasuruan, Blitar, Bondowoso, Lumajang, Malang, Trenggalek, Kota Madiun, dan Kota Malang.

Baca Juga: BMKG Prediksi Jabodetabek Hujan 3 Hari ke Depan, Ingatkan Ancaman Banjir dan Longsor

Taufiq menjelaskan, saat ini Jawa Timur berada di penghujung musim hujan dan memasuki fase peralihan menuju musim kemarau.

Faktor seperti aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) dan gelombang Rossby meningkatkan potensi pertumbuhan awan konvektif di wilayah Jawa Timur. 

Penulis : Kiki Luqman Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU