> >

Malang Raya Dilanda Cuaca Ekstrem hingga Hujan Es Sebesar Biji Jagung, Begini Penjelasan BMKG

Peristiwa | 23 Desember 2021, 19:38 WIB
Fenomena cuaca ekstrem hujan es yang melanda sejumlah wilayah di Malang Raya, Jawa Timur, Kamis (23/12/2021). Cuaca ekstrem hujan es ini disertai angin kencang. (Sumber: surya.co.id/rifky edgar)

SURABAYA, KOMPAS.TV - Sejumlah wilayah di Malang Raya, Jawa Timur mengalami cuaca ekstrem yakni hujan es disertai angin kencang.

Fenomena cuaca ekstrem hujan es sebesar biji jagung ini dilaporkan terjadi saat hujan deras melanda kawasan Perumahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, pukul 13.00 WIB, Kamis (23/12/2021).

Hujan es juga melanda wilayah Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Malang menyatakan, fenomena hujan es yang melanda sejumlah wilayah di Malang Raya, Jawa Timur sangat wajar terjadi saat pergantian musim. 

Baca Juga: Angin Kencang dan Hujan Es Terjadi di Cibinong Bogor, Papan Reklame Copot Hingga Pohon Tumbang

Kepala Stasiun BMKG Malang Anung Suprayitno menjelaskan, cuaca ekstrem hujan es tersebut disebabkan awan cumulonimbus (CB) yang terbentuk akibat pemanasan terik siang hari.

Awan CB pada tahap matang mengalami pendinginan atau kondensasi ekstrem, sehingga berpotensi turun dalam bentuk partikel es.

"Hujan es berasal dari awan CB, namun tidak setiap awan CB menimbulkan hujan es," ujar Anung, Kamis (23/12/2021), dikutip dari Antara

Baca Juga: Puluhan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung Dan Hujan Es

Anung menambahkan, fenomena hujan es yang melanda sejumlah wilayah di Malang Raya, Jawa Timur bersifat sangat lokal atau berada di kisaran 5-10 kilometer.

Selain itu, kecil kemungkinan untuk terjadi kembali di tempat yang sama. Anung juga menilai, terjadinya cuaca ekstrem pada masa pergantian musim merupakan hal yang wajar. 

Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat tetap waspada terhadap fenomena cuaca ekstrem, termasuk dampak yang ditimbulkan.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Antara


TERBARU