> >

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Tersangka KPK, Ridwan Kamil Kecewa: Melukai Hati Kami

Hukum | 3 April 2021, 09:27 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memimpin Rapat Koordinasi Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Senin (18/1/2021). (Sumber: Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merespons penetapan tersangka Bupati Bandung Barat Aa Umbara oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ridwan Kamil menyebut bahwa hal tersebut sangat ironis.

Sebab, saat penggeledahan kantor dan kediaman Aa Umbara berlangsung, Ridwan Kamil bersama Ketua KPK Firli Bahuri tengah berkegiatan di Bandung Barat.

Pria yang akrab disapa Emil itu pun sudah mengingatkan kepala daerah agar tak terjebak konflik kepentingan.

Baca Juga: Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan Anaknya Mangkir dari Pemeriksaan KPK, Alasannya Sakit

"Saya sedih dan prihatin karena beberapa Minggu lalu kan saya ingat ada acara KPK di KBB di Hotel Mason Pine ya, sudah diingatkan terkait praktik yang harus dijauhi yang beririsan dengan konflik kepentingan. Kedua, juga kasusnya karena terkait bansos juga menurut saya sedikit melukai hati kami yang sedang berjuang membereskan Covid ya," ungkap Emil di Bandung, Jumat (2/3/2021) malam, dikutip dari Kompas.com.

Emil pun tak ingin terlalu mencampuri perkara yang tengah diperiksa KPK.

Ia hanya berharap agar masyarakat Bandung Barat tetap kondusif.

"Terakhir, kepada ASN dan masyarakat di KBB (Kabupaten Bandung Barat) tetap tenang, sistem politik pemerintahan di Indonesia sudah ada back up sehingga tidak mengurangi pelayanan publik, pengambilan keputusan," ujarnya.

Posisi Aa Umbara pun sesuai aturan akan digantikan pelaksana tugas (Plt) yakni Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan.

Penulis : Fadhilah Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU