> >

Thomas Tuchel Dilaporkan Jadi Pelatih Baru Timnas Inggris

Sepak bola | 16 Oktober 2024, 15:38 WIB
Thomas Tuchel. Pelatih berkebangsaan Jerman berusia 51 tahun, akan menggantikan Gareth Southgate yang mengundurkan diri pada musim panas lalu dari kursi pelatih Timnas Inggris. (Sumber: AP Photo/Dave Thompson, FILE)

LONDON, KOMPAS.TV - Federasi Sepakbola Inggris (FA) dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan Thomas Tuchel untuk menjadi pelatih baru Tim Nasional Inggris.

Sebagaimana dilaporkan Antara, pengumuman resmi mengenai penunjukan ini dijadwalkan akan dilakukan pada Rabu (16/10/2024) pukul 13.30 waktu setempat melalui konferensi pers yang diselenggarakan oleh FA.

Tuchel, pelatih berkebangsaan Jerman berusia 51 tahun, akan menggantikan Gareth Southgate yang mengundurkan diri pada musim panas lalu. Dengan penunjukan ini, Tuchel mencatatkan sejarah sebagai pelatih pertama asal Jerman yang menangani Timnas Inggris.

Penunjukan ini menjadikannya sebagai pelatih ketiga non-Inggris yang menangani Timnas Inggris dalam sejarah, setelah Sven-Goran Eriksson dan Fabio Capello.

Keputusan ini diambil setelah FA mempercepat pencarian pelatih tetap akibat hasil buruk di Nations League.

Baca Juga: UEFA Nations League: John Stones Jadi Kapten Timnas Inggris, Ada Apa dengan Harry Kane?

Mantan pelatih Chelsea ini terakhir kali melatih Bayern Muenchen sebelum meninggalkan klub tersebut pada akhir musim lalu. Prestasi Tuchel yang paling menonjol adalah keberhasilannya membawa Chelsea menjuarai Liga Champions.

Penunjukan Tuchel mengakhiri masa jabatan sementara Lee Carsley yang telah menangani tim selama empat pertandingan terakhir. Carsley ditunjuk sebagai pelatih interim setelah Inggris mengalami kekalahan di Nations League dari Yunani.

Proses pencarian pelatih baru oleh FA telah berlangsung sejak Juli lalu. Beberapa nama sempat dipertimbangkan, termasuk Jurgen Klopp dan Graham Potter. Namun, FA akhirnya memilih Tuchel sebagai kandidat utama.

Pakar transfer sepakbola Fabrizio Romano melalui media sosial bahkan telah menyatakan bahwa Tuchel menyelesaikan kesepakatan dengan FA.

Penulis : Danang Suryo Editor : Gading-Persada

Sumber : Antara


TERBARU