> >

Timnas Indonesia Disindir Vietnam karena Banyak Naturalisasi, Shin Tae-yong Beri Jawaban Menohok

Sepak bola | 20 Maret 2024, 17:40 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam konferensi pers jelang laga Indonesia vs Vietnam di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Rabu (20/3/2024). (Sumber: PSSI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Shin Tae-yong memberikan jawaban menohok terkait sindiran media Vietnam kepada Timnas Indonesia yang banyak menggunakan pemain naturalisasi atau diaspora.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada pertandingan ketiga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Kamis (21/3/2024) besok.

Jelang duel Indonesia vs Vietnam itu, PSSI melakukan sejumlah langkah cepat untuk memberi sejumlah pemain diaspora kewarganegaraan Indonesia.

Alhasil, Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen hingga Thom Haye pun telah resmi menjadi WNI dan bisa membela Timnas Indonesia.

Sekarang, Timnas Indonesia diperkuat oleh 11 pemain diaspora dari total 28 pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong. 

Namun langkah tersebut mendapat sindiran dari media Vietnam. Terkait hal tersebut, Shin Tae-yong pun menolak untuk terpengaruh oleh sindiran yang dilontarkan pihak Vietnam. 

Pelatih berusia 53 tahun ini bahkan memberi jawaban menohok agar semua pihak untuk memahami aturan naturalisasi yang berlaku dalam dunia sepak bola.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia vs Vietnam: Garuda Wajib Raih Kemenangan di GBK

Shin Tae Yong menyebut bahwa pemain diaspora dengan darah asli Indonesia memiliki hak untuk membela Merah Putih.

"Apa yang dibicarakan oleh wartawan-wartawan Vietnam mungkin saya bisa buka suara. Bahwa zaman sekarang merupakan zaman global. Sandy Walsh yang ada di sebelah saya ini di dalam tubuh dia pun ada darah Indonesia," kata Shin Tae-yong dalam konferensi jelang pertandingan Indonesia vs Vietnam, Rabu (20/3/2024).

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU