> >

Pelatih Minta Timnas Rusia Boleh Lakoni Kualifikasi Piala Dunia: agar Keadilan dan Akal Sehat Menang

Kompas sport | 29 Maret 2022, 17:15 WIB
Ilustrasi. Kapten Timnas Rusia Artem Dzyuba. Pada Senin (28/3/2022), pelatih Timnas Rusia Valery Karpin mengungkapkan harapannya agar Timnas Rusia masih bisa melakoni kualifikasi Piala Dunia 2022. (Sumber: Instagram @artem.dzyuba)

MOSKOW, KOMPAS.TV - Pelatih kepala Timnas Rusia Valeriy Karpin masih berharap anak asuhnya bisa melakoni kualifikasi untuk masuk Piala Dunia 2022 di Qatar mendatang. Hal tersebut disampaikan Karpin dalam wawancara bersama TASS, Senin (28/3/2022).

Pada 28 Februari lalu, FIFA memutuskan bahwa Rusia dilarang mengikuti kompetisi-kompetisi FIFA, termasuk Piala Dunia, akibat invasi ke Ukraina.

Timnas Rusia sendiri sedianya akan menghadapi Polandia di babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Namun, keputusan FIFA membuat Aleksandr Golovin dan kawan-kawan didiskualifikasi.

“Saya masih berharap ini akan terjadi (Rusia main di kualifikasi Piala Dunia). Namun, masih sulit bicara tentang prasyaratnya sekarang,” kata Karpin dikutip TASS.

“Situasinya berganti tiap hari. Kita hanya bisa mengharapkan hasil yang lebih baik,” lanjutnya.

Baca Juga: Rusia Disanksi FIFA & UEFA, Abramovich Buat Turnamen Sepak Bola Tandingan?

Tidak hanya FIFA yang membekukan Rusia, badan sepakbola Eropa (UEFA) juga demikian. Sejumlah badan olahraga lain pun menempuh langkah serupa.

Rusia sendiri telah membawa kasus ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). 

Pada awal Maret lalu, CAS menolak banding Rusia. Namun, Asosiasi Sepakbola Rusia (RFU) menyebut CAS akan mempertimbangkan kembali banding Rusia terhadap hukuman FIFA dan UEFA pada April atau Mei mendatang.

Sementara itu, Karpin berharap keputusan FIFA mendepak Rusia masih bisa dibatalkan. Eks pelatih RCD Mallorca ini menyebut partisipasi Rusia di turnamen FIFA adalah sebentuk “keadilan”.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Vyara-Lestari

Sumber : TASS


TERBARU