> >

Sri Mulyani Sebut Anies Tak Ada Anggaran untuk Bansos 1,1 Juta Warga Jakarta

Berita kompas tv | 7 Mei 2020, 03:35 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani, sebelum pelantikan kabinet Jokowi di Jakarta, Rabu (23/10/2019) (Sumber: KOMPAS.com/Kristianto Purnomo)

KOMPAS.TV - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati angkat bicara tentang bantuan sosial (bansos) untuk 1,1 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di DKI Jakarta.

Menurut Sri Mulyani, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak mampu menyalurkan bansos untuk 1,1 juta KPM di wilayahnya.

Bendahara Negara itu mengungkapkan, Pemerintah Provinsi DKI menyatakan tidak memiliki anggaran dan meminta pemerintah pusat untuk menyalurkan bansos kepada 1,1 juta KPM tersebut.

Baca Juga: Sri Mulyani Ungkap Kebijakan PSBB akan Dibuka Secara Bertahap

Dengan demikian, beban penyaluran bantuan sosial untuk 4,7 juta KPM dibebankan seluruhnya kepada pemerintah pusat.

"Kemarin dapat laporan Pak Menko PMK (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy) DKI yang tadinya cover 1,1 juta warga mereka namun tidak ada anggaran dan meminta pemerintah pusat untuk cover," ujar Sri Mulyani ketika memberikan penjelasan kepada Komisi XI DPR RI, Rabu (6/5/2020), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

"Asalnya 1,1 juta (KPM) dicover DKI dan sisanya 3,6 juta pemerintah pusat, sekarang seluruhnya diminta dicover pemerintah pusat," sambungnya.

Sri Mulyani pun mengatakan, pemerintah pusat harus meningkatkan alokasi anggaran bansos dengan tambahan limpahan KPM yang tidak mampu dicover oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Saat ini, pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran untuk jaring pengaman sosial sebesar Rp 110 triliun.

Baca Juga: Menkeu Sri Mulyani: Warga Miskin Bisa Bertambah 3,78 Juta Orang Akibat Corona

Penulis : fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU