> >

Peringatan Dini BMKG 29-30 Oktober 2024, Ini 8 Wilayah Indonesia Diprediksi Alami Hujan Lebat

Peristiwa | 28 Oktober 2024, 15:00 WIB
Ilustrasi hujan, Peringatan dini dari BMKG ini penting untuk dijadikan acuan oleh masyarakat di wilayah terdampak hujan lebat yang akan terjadi pada Selasa (29/10/2024) dan Rabu (30/10). (Sumber: scroll via tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan lebat yang dapat berdampak pada beberapa wilayah di Indonesia pada Selasa (29/10/2024) dan Rabu (30/10).

Berdasarkan data prakiraan cuaca berbasis dampak, terdapat sejumlah daerah yang masuk dalam kategori "Waspada" hujan lebat, sementara tidak ada daerah yang masuk dalam kategori "Siaga" atau "Awas."

BMKG mengingatkan masyarakat, khususnya yang berada di daerah rawan banjir dan longsor, untuk selalu memperhatikan perkembangan informasi cuaca terkini.

Peringatan dini dari BMKG ini penting untuk dijadikan acuan oleh masyarakat di wilayah terdampak hujan lebat. Dengan mengetahui potensi hujan lebat, masyarakat diharapkan dapat lebih siap menghadapi kemungkinan dampak yang ditimbulkan serta melakukan langkah-langkah pencegahan.

Baca Juga: Apa Saja Tes SKB CPNS Kemenkumham Lulusan SMA/SMK? Ini Jenis dan Jadwalnya

Pada hari Selasa, 29 Oktober 2024, BMKG memprediksi hujan lebat yang dapat berdampak pada delapan wilayah di Indonesia.

Daerah-daerah yang perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem ini adalah:

1. Aceh
2. Jambi
3. Kalimantan Utara
4. Nusa Tenggara Timur
5. Papua
6. Sulawesi Selatan
7. Sulawesi Tengah
8. Sumatera Utara

Baca Juga: Setelah Retret Bersama Prabowo di Akmil Magelang, Nazaruddin Umar Mau Meniru di Kemenag

Sementara itu, pada Rabu, 30 Oktober 2024, jumlah daerah yang diprediksi terdampak hujan lebat bertambah menjadi sepuluh wilayah, meliputi:

Penulis : Dian Nita Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV, bmkg.go.id


TERBARU