> >

Kata Menteri dan Staf Presiden usai Retret Kabinet Merah Putih

Humaniora | 28 Oktober 2024, 08:44 WIB
Presiden Prabowo Subianto, Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka, dan anggota kabinet melaksanakan kegiatan baris-berbaris di Akmil, Magelang, Jumat (25/10/2024). (Sumber: Dokumen Kantor Komunikasi Kepresidenan. )

MAGELANG, KOMPAS.TV - Kegiatan retret Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil), Magelang, resmi berakhir, Minggu (27/10/2024). Setelah mengikuti program pembinaan selama tiga hari, para menteri kini telah kembali ke Jakarta. Retret ini dipimpin langsung oleh Presiden Prabowo Subianto.

Program pembinaan di Akmil ini menjadi pengalaman pertama bagi para anggota kabinet, di mana seluruh menteri diboyong ke satu lokasi untuk menjalani pelatihan.

Berikut adalah kesan dari para menteri dan utusan khusus presiden selama menjalani retret di Akmil.

Zulhas dan Cak Imin: Olahraga dan Kekompakan Jadi Sorotan

Menteri Koordinator (Menko) Pangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menilai kegiatan olahraga, terutama baris-berbaris, menjadi pengalaman yang berkesan.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh seluruh anggota kabinet sebagai bagian dari pelatihan fisik di Akmil.

“Olahraganya, apalagi soal baris-berbaris yang juga salah-salah, hampir semua berkesan,” ujar Zulhas sambil merangkul Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dikutip dari Kompas TV, Minggu (27/10).

Cak Imin menambahkan, kegiatan ini adalah upaya Presiden Prabowo untuk memperkuat kekompakan tim kabinetnya.

Menurutnya, selama kegiatan di Akmil, mereka saling belajar dan menyadari perbedaan kemampuan antaranggota, terutama dalam kegiatan baris-berbaris.

Baca Juga: Mengapa Indonesia Memperingati Sumpah Pemuda? Ada Makna di Momentum Bersejarah 28 Oktober

Raffi Ahmad Siap Jalani Arahan Presiden

Raffi Ahmad yang kini menjabat sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni juga berbagi kesan positifnya.

Raffi mengaku bersemangat mengikuti agenda retret yang menekankan kedisiplinan. Ia pun siap menjalani arahan yang diberikan oleh Presiden Prabowo setelah kegiatan berakhir.

Penulis : Danang Suryo Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU