> >

BMKG Keluarkan Peringatan: 31 Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Senin, Kaltara Waspada Hujan Lebat

Peristiwa | 28 Oktober 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi hujan lebat. BMKG memprediksi sejumlah wilayah alami curah hujan tinggi akhir September 2024 (Sumber: The Weather Channel)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan prakiraan cuaca yang menunjukkan potensi hujan di 31 wilayah Indonesia pada Senin (28/10/2024).

Prakiraan ini berlaku mulai pukul 07.00 WIB hingga Selasa (29/10/2024) pukul 07.00 WIB.

Berdasarkan unggahan di akun Instagram resmi BMKG pada Minggu (27/10), wilayah Indonesia akan mengalami tiga kategori intensitas hujan: ringan, sedang, dan lebat.

Sebanyak 12 wilayah diprediksi akan mengalami hujan intensitas ringan. Wilayah tersebut meliputi Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Jakarta, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Hujan ringan juga diperkirakan terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, dan Papua Barat.

Sementara itu, 17 wilayah berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang. Di wilayah Sumatera, meliputi Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Kepulauan Riau, Bengkulu, dan Lampung. Untuk wilayah Jawa, mencakup Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Di Kalimantan, hujan intensitas sedang diperkirakan terjadi di empat wilayah yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara.

Baca Juga: Jawa Timur hingga Bali Tak Ada Hujan 2 Bulan, BMKG Tetapkan Status Awas Kekeringan Meteorologis

Wilayah Indonesia timur yang berpotensi mengalami hujan sedang meliputi Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.

BMKG secara khusus mengingatkan dua wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat, yaitu Sumatera Selatan dan Kalimantan Utara.

Penulis : Danang Suryo Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV, bmkg.go.id


TERBARU