> >

Gaji Guru Akan Naik di 2025, Mendikdasmen: untuk Dorong Kualitas Pengajaran

Peristiwa | 25 Oktober 2024, 15:40 WIB
Ilustrasi guru mengajar murid. (Sumber: Dok. Ditjen GTK Kemdikbud)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabar menggembirakan datang untuk para guru di Indonesia. Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) telah mengalokasikan anggaran khusus untuk peningkatan gaji dan kesejahteraan guru dalam APBN 2025.

Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu'ti mengungkapkan bahwa peningkatan kesejahteraan guru menjadi salah satu prioritas kementerian.

Meski belum dapat menyebutkan besaran nominal kenaikan, Mu'ti memastikan bahwa anggaran untuk peningkatan gaji guru sudah mendapat porsi khusus di tahun 2025.

"Harapan kami, ketika kesejahteraan guru meningkat, dapat diikuti dengan semangat mendidik yang meningkat. Dengan guru yang berkualitas, maka proses dan hasil pembelajaran pun akan berkualitas," ujar Mu'ti, Kamis (24/10/2024) dikutip dari Antara.

Kebijakan peningkatan kesejahteraan ini tidak berdiri sendiri, melainkan terintegrasi dengan program peningkatan kualitas guru secara menyeluruh.

Baca Juga: Profil Abdul Mu'ti Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Era Prabowo

Kemendikdasmen menargetkan adanya korelasi positif antara peningkatan kesejahteraan dengan kualitas pengajaran di bidang masing-masing.

Program peningkatan kesejahteraan guru ini akan berjalan beriringan dengan upaya penguatan kompetensi, terutama dalam bidang numerasi dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Hal ini sejalan dengan visi pemerintahan Prabowo-Gibran yang menargetkan peningkatan kemampuan siswa di bidang sains dan teknologi.

"Pendidikan ke depan tidak hanya sekadar mengajarkan dan mentransformasikan ilmu, tetapi juga berkaitan dengan pemenuhan nilai dalam setiap bidang studi," tegas Mu'ti.

Penulis : Danang Suryo Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU