> >

Ucap Sumpah Pelantikan, Prabowo - Gibran Resmi Jabat Presiden dan Wapres RI Periode 2024 - 2029

Peristiwa | 20 Oktober 2024, 10:32 WIB
Jokowi Widodo atau Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/2024). Prabowo resmi menjadi Presiden ke-8 RI usai mengucapkan sumpah dan janji. (Sumber: Tangkapan layar KompasTV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) usai mengucapkan sumpah jabatan dalam Sidang Paripurna Presiden – Wakil Presiden periode 2024 – 2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Prabowo mengucapkan sumpah atau janjinya lebih dulu ketimbang Gibran di hadapan seluruh Pimpinan MPR.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” ucap Presiden Prabowo. Dikutip dari Breaking News KompasTV.

Baca Juga: Ma’ruf Amin Berharap Gibran Lebih Banyak Memberikan Sumbangsih Pada Bangsa dan Negara

Setelah Prabowo, Gibran kemudian mengucapkan sumpah atau janjinya sebagai wakil presiden.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa” ucap Gibran.

Baca Juga: Anak Prabowo Subianto, Didit Hediprasetyo Jadi Perancang Dekorasi Ruang Pelantikan Presiden - Wapres

Setelah mengucapkan sumpah atau janji, Prabowo – Gibran kemudian menandatangani berita acara pelantikan. Selain Prabowo - Gibran, Pimpinan MPR periode 2024 – 2029 juga turut menandatangani berita acara pelantikan.

Pelantikan Prabowo – Gibran diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, prosesi pelantikan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa.

Dalam acara pelantikan ini, turut hadir tamu kenegaraan dan utusan dari negara – negara sahabat.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU