> >

Lontong Kikil Jadi Menu Spesial Acara Pisah Sambut Jokowi-Prabowo di Istana Kepresidenan

Humaniora | 20 Oktober 2024, 07:40 WIB
Ilustrasi menu spesial yang dihidangkan di Istana Kepresidenan hari ini saat acara pelantikan Prabowo-Gibran: lontong kikil. (Sumber: Kompas.com/SHUTTERSTOCK/WILIAN ADI NATA)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Istana Kepresidenan Jakarta mempersiapkan hidangan istimewa untuk menyambut para tamu negara yang hadir dalam acara pisah sambut kepala negara pada hari ini, Minggu (20/10/2024).

Acara pisah sambut rencananya akan digelar siang nanti usai pagi ini dilakukan pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden menggantikan Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin.

Adapun menu spesial yang disiapkan mencerminkan kekayaan kuliner Indonesia, dengan lontong kikil sebagai hidangan utama.

Baca Juga: SIMAK! Prabowo-Gibran Dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029 Pukul 10.00 WIB

Direktur Operation Food & Beverage Indonesia Convention Exhibition (ICE), Algamar, mengungkapkan detail menu yang akan disajikan kepada para tamu kehormatan.

"Menu spesial hari ini lontong kikil, dimsum, sama makanan ringan jajanan pasar," ujarnya dikutip dari Antara.

Pemilihan menu lontong kikil sebagai hidangan utama menunjukkan upaya untuk memperkenalkan cita rasa khas Indonesia kepada tamu-tamu internasional.

Lontong kikil, yang merupakan perpaduan antara lontong (nasi yang dibungkus daun pisang dan dikukus) dengan kikil (bagian kaki sapi yang diolah), adalah hidangan yang populer di berbagai daerah di Indonesia.

Selain lontong kikil, dimsum juga akan disajikan, menambah variasi menu dengan sentuhan internasional.

Untuk melengkapi santapan, berbagai jajanan pasar tradisional Indonesia akan dihidangkan sebagai makanan ringan, memberikan kesempatan bagi para tamu untuk menikmati beragam cita rasa nusantara.

Persiapan hidangan ini dilakukan dengan teliti. Tim dapur Istana memulai proses memasak sejak pukul 06.30 WIB, jauh sebelum para tamu tiba.

Penulis : Danang Suryo Editor : Gading-Persada

Sumber : Antara


TERBARU