> >

Ada Pesta Rakyat Pelantikan Presiden, KRL Bogor-Jakarta Kota Tak Berhenti di Stasiun Manggarai

Peristiwa | 19 Oktober 2024, 21:35 WIB
KRL Commuter Line. (Sumber: Antara)

BOGOR, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut KRL Commuter Line rute Bogor-Jakarta Kota tidak akan berhenti di Stasiun Manggarai pada Minggu (20/10/2024) besok.

Kebijakan itu diambil demi mengantisipasi lonjakan penumpang yang ingin menghadiri pesta rakyat untuk memeriahkan pelantikan presiden, di Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin.

“Kami berupaya me-manage (Stasiun) Manggarai agar tidak terjadi suatu lonjakan yang banyak. Oleh karenanya, saya minta PT Kereta Api yang dari Bogor, Depok, tidak berhenti di Manggarai,” kata Budi di Stasiun Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (19/10/2024), dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Menilik Kesiapan Gedung DPR RI yang Dipercantik Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran

Keputusan ini diambil setelah melihat pengalaman lonjakan penumpang di Stasiun Manggarai saat masyarakat hendak menghadiri puncak HUT TNI ke-49 di Monas pada 5 Oktober 2024.

Oleh karena itu, ia menyarankan masyarakat yang ingin mengikuti pesta rakyat, untuk turun di Stasiun Gondangdia.

“Jadi manajemen di titik Manggarai menjadi penting. Jadi sekaligus announcement yang dari sini (Bogor) berhentinya di Gondangdia saja, jangan di Manggarai. Karena kita tidak berhenti di situ,” kata Budi.

Ia berharap kebijakan ini dapat mengurangi kepadatan penumpang seperti yang terjadi pada 5 Oktober 2024 lalu.

Baca Juga: Titik Lokasi Panggung Pesta Rakyat saat Pelantikan Prabowo-Gibran, Ini Artis-Artis yang Memeriahkan

“Jadi tidak berhenti di Manggarai, supaya yang dari Bekasi itu bisa terus sampai Dukuh Atas. Jadi Manggarai tidak terlalu crowded (ramai, red) di situ,” ujar Budi.

Penulis : Ade Indra Kusuma Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV, Kompas.com


TERBARU