> >

Presiden Jokowi Tunjuk Herindra Jadi Kepala BIN Gantikan Budi Gunawan

Politik | 15 Oktober 2024, 11:52 WIB
Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra serahkan pesawat C-130J Super Hercules ke TNI Angkatan Udara (AU) Selasa (15/8/2023) di Lanud Halim Perdanakusuma. (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Wakil Menteri Pertahanan Herindra menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Budi Gunawan. 

Hal itu diungkap Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Rapat Paripurna yang digelar pada Selasa (15/10/2024). 

Puan mengatakan, pihaknya telah menerima Surat Presiden (Surpres) pergantiann Kepala BIN pada Kamis 10 Oktober lalu. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Berhentikan Budi Gunawan dari Kepala BIN

"Jadi sudah diusulkan satu nama dari presiden Jokowi Surpres penggantian Kepala BIN atas nama Pak Herindra," kata Puan di gedung DPR, Jakarta, Selasa. 

“Pimpinan dewan telah menerima surat Presiden RI nomor R/51 tanggal 10 Oktober 2024 perihal permohonan pertimbangan pemberhentian dan pengangkatan kepala Badan Intelijen Negara atau BIN,” imbuhnya. 

Puan menjelaskan, DPR membentuk tim khusus untuk membahas lebih lanjut mekanisme pengangkatan dan pemberhentian Kepala BIN yang semula dijabat Budi Gunawan. 

“Rapat konsultasi memutuskan membentuk tim yang dipimpin oleh pimpinan DPR yang mempunyai tugas untuk membahas pertimbangan atas pemberhentian dan pengangkatan calon kepala BIN,” katanya. 

Puan mengatakan, tim khusus ini akan mulai bekerja besok, Rabu, 16 Oktober 2024.

“Berkenaan dengan itu kami meminta persetujuan paripurna hari ini dalam rangka pembentukan tim DPR RI komposisi dan nama-nama tersebut apakah akan disetujui?” tanya Puan kepada seluruh peserta rapat.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU